123 Tenaga Perpustakaan Ikuti Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Se-Riau

PEKANBARU, DIPERSIP.RIAU.GO.ID. Senin, (22/02/2021), Sebanyak 120 Tenaga Pengelola Perpustakaan Se-Provinsi Riau ikuti Bimbingan Teknis Tenaga Pengelola Perpustakaan  2021 secara daring. Acara ini berlangsung selama 2 (dua) hari. Riau merupakan provinsi ke-2 dari 20 provinsi yang akan dilaksanakan Bimtek serupa oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di tahun 2021 ini.

Acara diawali dengan membaca doa dan mendengarkan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan mendengar pengarahan dari Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia-Drs. Dedy Junaidi, M.Si. Dalam arahannya Dedy menyampaikan bahwa perpustakaan nasional memberikan penyelenggarakan bimtek ini untuk 20 Provinsi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia. Riau menjadi penyelenggara ke-2 stelah Provinsi Sumatra Barat pada tanggal 16-17 Februari 2021 lalu. “Sebetulnya target peserta bimtek ini adalah 100 tenaga pengelola perpustakaan, namun karena antusias di Riau sangat tinggi, peserta melonjak menjadi 123 orang”, ujar Deddy.

Kadis Dipersip Riau, Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si Memberikan sambutan pada acara Bimtek

Kemudian acara dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau-Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si. Dalam sambutannya Rahima Erna mengatakan bahwa Provinsi Riau sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Perpustakaan Nasional karena selalu memperhatikan perpustakaan di Provinsi Riau. Dari 34 provinsi Riau menjadi provinsi ke-2 yang mendapatkan kegiatan ini. ” Awal tahun lalu, ketika Bapak Kepala Perpustakaan Megunjungi Riau untuk agenda Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, semua Rektor yang hadir begitu antusias, bahkan acara livestreaming nya ditoton lebih dari 5000 orang”. Rahima Erna juga menyampaikan bahwa pustakawan zaman now bukan lagi orang yang hanya menjaga buku dan duduk di meja, tapi lebih kreatif lagi, tidak hanya mengelola buku namun bertindak sebagai manager informasi dan merubah pola hidup masyarakat menjadi lebih produktif dan memiliki indeks literasi yang tinggi. Rahima juga menyampaikan kepada seluruh peserta bimtek agar menggunakan kesempatan ini dengan baik, ambil ilmunya dan ikutilah setiap sesi yang diberikan narasumber.

Materi pertama adalah analisis kebutuhan informasi perpustakaan dan untuk hari kedua pemanfaatan media sosial perpustakaan sebagai sarana promosi perpustakaan. (RA)