Budayakan Gemar Membaca FTBM Riau Gandeng IPI Riau Wisata Literasi Soeman Hs

FTBM Provinsi Riau bekerjasama dengan IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) Provinsi Riau dan Pekanbaru Charity Taja kegiatan Piknik Literasi. Kegiatan ini dilaksanakan Minggu Pagi 9 Februari 2020 bersama anak-anak yatim dan dhuafa sebanyak 56 orang anak binaan Mesjid Abidin Jl. Soetomo Kecamatan Limapuluh kota Pekanbaru. “Sebelum kegiatan Piknik Literasi ini, kami dari Pekanbaru Charity sudah pernah melakukan bersama anak-anak binaan Mesjid Abidin ini. Kami berharap kegiatan Piknik Literasi ini memberi penguatan bagi anak-anak bahwa banyak orang-orang yang peduli pada mereka. Selain itu kami ingin memberi pengalaman berharga bagi anak-anak serta memotivasi anak-anak untuk belajar selain di sekolah.” ujar Lexie Wahyuni koordinator dari Pekanbaru Charity Piknik Literasi ini diawali dengan senam bersama yang dipandu oleh teman-teman relawan dari Lexie Training.

Selanjutnya kegiatan mendongeng oleh teman-teman Komunitas Kita Dongeng bersama Kak Elyn dan Kak Aina dengan tema Kesehatan. Sebagai penutup dalam kegiatan Piknik Literasi ini anak-anak diajak untuk mengenal lebih dekat dengan Perpustakaan Soeman Hs yang dipandu oleh Dahrial Iskandar, S.IP dan Delviana Fransiska Pustakawan Dipersip Riau. Ketua IPI Daerah Riau Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si sangat mendukung adanya kegiatan ini, kedepan kita akan agendakan setiap bulan kegiatan sosial seperti ini berkolaborasi dengan komunitas yang ada di Riau, harap Rahima. Anak-anak tidak hanya menikmati koleksi buku tapi juga diajak mengenal makna relief yang ada disekitar Perpustakaan Soeman Hs. Menurut Sutriyono selaku ketua FTBM Provinsi Riau kegiatan ini adalah salah satu upaya agar anak-anak dekat dengan buku melalui kegiatan dongeng dan perkenalan dengan lingkungan Perpustakaan Soeman HS.

Dalam Piknik Literasi ini FTBM Provinsi Riau juga menyerahkan donasi buku kepada Mesjid Abidin sebagai bahan bacaan pengisi kegiatan di Mesjid Abidin. Selain itu, FTBM Provinsi Riau juga memberikan bingkisan buku dan alat tulis untuk anak-anak yang ikut dalam kegiatan Piknik Literasi ini. “Anak-anak senang sekali dengan kegiatan ini. Terlihat dari wajah-wajah mereka yang sumringah. Terimakasih kepada kakak-kakak relawan yang sudah mau berbagi kebahagian dengan anak-anak kami” ujar Bu May mewakili pembina anak-anak yatim dan dhuafa dari masjid Abidin.