“CINDAI” Anak Melayu

WOW. Ayo … duduk yang rapi yaa, duduk yang manis sebelum Kak Ipen mendongeng untuk anak-anaku semua. Sekelumit kata yang terucap ketika menerima rombongan Sekolah Taman Kanak Kanak Islam Nurul Hidayah – Yayasan Al Majid Bansa Jl. Kubang Raya, Simpang Kualu – Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Rabu: 27 Maret 2019.

Kak Ipen, adalah salah satu pendongeng Cinta Dongeng Anak Indonesia (CINDAI) Anak Melayu  kali ini memberi dongengan kepada anak-anak  sebanyak 150 orang anak dan 11 pendamping dari TK Islam Nurul Hidayah tersebut. Semangat Kak Ipen kali ini tidaklah surut walaupun kedatangan rombongan anak-anak ini menjelang tengah hari. Kak Ipen tetap memberi dongengan dengan dongeng muatan lokal yaitu dongeng-dongeng yang mengandung nilai-nilai tunjuk ajar Melayu kepada anak-anak.

 

Anak-anak pun duduk rapi mendengarkan dongengan Kak Ipen. Sesekali anak-anak tertawa mendengar dongengan Melayu dari kak Ipen, sesekali pula mereka senyap dengan seksama menyimak cerita dongeng tersebut hingga tak terasa waktu menjelang waktu shalat dzuhur tiba, dongeng pun disudahi. Rasa puas tergambar di raut wajah anak-anak yang jauh-jauh datang dengan bus dari daerah Kubang Raya –  Kampar. Setelah puas bermain di sekitar Perpustakaan Soeman HS rombongan pun kembali pulang.