Dipersip Riau Laksanakan Bimtek Audit Kearsipan Internal Tim Pengawasan Kabupaten Bengkalis

Pekanbaru, 29 November 2019

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan dan Pelayanan Arsip Sri Mekka S., S.H., M.Si. membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Tim Pengawasan Kearsipan Internal Kabupaten Bengkalis di Kota Pekanbaru Kamis, 28 November 2019 bertembat di Kantor Arsip Jl. Cut nyak dien Pekanbaru.
Kegiatan berlangsung pada tanggal 28 – 29 November 2019. Peserta bimtek sebanyak 5 orang. Dengan narasumber Kepala Bidang Pembinaan dan Pelayanan Arsip, Ramli Arsyad, S.E., M.E. (Arsiparis Madya) dan Winarno Hamiseno, A.Ks., M.Si.(Arsiparis Muda).

Sri Mekka menyampaikan, Pengawasan kearsipan adalah proses kegiatan dalam menilai kesesuaian antara prinsip, kaidah dan standar kearsipan dengan penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
Pengawasan kearsipan dilakukan melalui kegiatan pengawasan atas pelaksanaan penyelenggaraan kearsipan dan penegakan peraturan perundangan dibidang Kearsipan. Penyelenggaraan Kearsipan sendiri untuk menjamin adanya perlindungan kepentingan Negara, melalui pengelolaan dan pemanfaatan arsip yang autentik dan terpercaya.
Selain itu, guna meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pengelolaan dan pemanfaatan arsip dan adanya jaminan terciptanya arsip dari kegiatan yang dilakukan oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan, dan perorangan serta ANRI sebagai penyelenggara kearsipan Nasional.
“Agar tujuan tersebut dapat tercapai, maka diperlukan penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan. Untuk menjamin terciptanya hal tersebut, maka dibutuhkan pengawasan kearsipan,” katanya.

Sri Mekka, meminta kepada para narasumber untuk dapat menyampaikan pembekalan materi sesuai dengan subtansinya.
“Antara lain tentang kebijakan terhadap pengawasan kearsipan, teknik pelaksanaan audit serta instrumen audit,” ujarnya. Sri Mekka juga berharap kepada para peserta bimtek untuk menjadi bekal pengetahuan dan motivasi tim pengawasan kearsipan internal. “Semoga menjadi bekal dalam pelaksanaan tugasnya guna melakukan audit dan pengawasan kearsipan pada setiap OPD dilingkungan pemerintah daerah kabupaten Bengkalis ” tandasnya.