Gerakan Literasi Sekolah SD Santa Maria Pekanbaru

Dalam upaya meningkatkan literasi sekolah 1400 pelajar SD Santa Maria Pekanbaru yang didampingi oleh Guru Pembimbing mengadakan kunjungan ke Perpustakaan Soeman Hs, Senin, 15 April 2019. Seperti biasa dalam kunjungan ini  dipandu langsung oleh pustakawan Perpustakaan Soeman HS yaitu Pak Dahrial Iskandar dibantu dengan Ibu Marthalena Diningsih.

Pada kesempatan ini Pak Dahrial Iskandar memberi pengantar tentang Literasi Perpustakaan Soeman HS. Dalam pengantarnya disampaikan tentang sejarah berdirinya Perpustakaan Soeman HS, mulai dari Tanjung Pinang hingga saat ini. Selain dari itu juga menjelaskan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh sekolah atau masyarakat dalam upaya meningkatkan gerakan literasi sekolah.

Kunjungan ini sendiri dipinpin oleh Guru Pembimbing Ibu Lidya Purnama Simbolon yang menjelaskan bahwa: “pada kegiatan ini peserta didik diberi buku bahan bacaan masing-masing satu buku, kemudian dibacanya dan diringkas. Hasil ringkasannya dipresentasikan di depan teman-teman mereka dan dihadapan guru, hal ini untuk meningkatkan rasa percaya diri para siswa. Selain dari itu dalam upaya meningkatkan literasi sekolah juga diadakan pojok baca pada setiap lantai sekolah dan masing-masing ruang kelas,”. Dari jumlah 1400 siswa ini akan dibagi dalam beberapa kunjungan  hari ke depan mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 5.