Kadis Dipersip Riau Kunjungi SMK N 1 Bangkinang

Ditulis oleh : Muzakir

Edited : Riki Arianto

 

Dipersip-Senin,18 Januari 2021 Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Provinsi Riau- Dr.Hj, Rahima Erna, M.Si melakukan kunjungan ke Perpustakaan Insan Cerdas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bangkinang .

Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala Sekolah SMK N 1 Bangking- Djunaidi M.PD. Kunjungan ini juga merupakan monitoring evaluasi (Monev) terkait kesiapan akreditasi perpustakaan sekolah yang akan diselengarakan oleh Perpustakaan Nasional ditahun 2021 sekaligus melakukan pembinaan secara langsung, Dalam kesempatan ini Kadis menyempatkan diri untuk  berdiskusi sekaligus membicarakan  program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang harus besinergi dengan pihak swasta dan pemerintah pemerintah. Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan. Transformasi tersebut dapat diwujudkan dalam 4 peran, yaitu: (1) Perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan, pusat kegiatan masyarakat, dan pusat kebudayaan (2) Perpustakaan dirancang lebih berdaya guna bagi masyarakat (3) Perpustakaan menjadi wadah untuk menemukan solusi dari permasalahan kehidupan masyarakat (4) Perpustakaan memfasilitasi masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

Kadis Dipersip Provinsi Riau dan Kepala sekolah membahas tentang bagaimana menyelesaikan kendala yang ada di dalam pengembangan perpustakaan dan memotivasi pengelola agar lebih kreatif inovatif  sehingga tujuan dari penumbuhan minat baca tersampaikan dengan baik. Selain dari pada itu kadis menjalin silaturahmi dengan pihak sekolah sehingga program program dapat terlaksan dengan baik.