Kesempatan Magang Gratis Bagi Pengelola Perpustakaan di Riau

Praktek preservasi bahan pustaka

Pekanbaru– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Provinsi Riau membuka kesempatan magang gratis bagi Pengelola Perpustakaan di Riau termasuk Perpustakaan Sekolah. Kepala Dinas (Kadis) Dipersip Riau,  Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si melalui Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan, Irwan, SH, M.Si menjelaskan bahwa program magang  gratis ini sudah lama dilakukan, sudah banyak tenaga pengelola perpustakaan yang mengikuti program magang gratis di Perpustakaan Soeman HS.

“ Undang-undang   No 43 Tahun 2007 pasal 23 menyebutkan  bahwa Setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional  Pendidikan. Dalam undang-undang ini pada Pasal  8 ayat 1 huruf e juga mengatakan bahwa pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Berkewajiban memfasilitasi  penyelenggara perpustakaan daerah. Atas dasar inilah kita menyelenggarakan program ini.”. ujar Irwan.

Magang di perpustakaan ini dilaksanakan selama satu pekan, peserta akan dibekali dasar-dasar pengelolaan perpustakaan yang sesuai standar nasional. Peserta juga akan diajarkan mengoptimalkan Teknologi Informasi dalam pengelolaan perpustakaan. Seluruh materi tersebut diajarkan secara gratis oleh Pustakawan dan Tim Pembinaan Revitalisasi Perpustakaan Dipersip Riau. Seluruh Peserta yang mengikuti magang sampai akhir  diberikan sertifikat yang ditanda tangani  oleh Kadis Dipersip  Riau. “target kita, program seperti ini akan dilaksanakan 2 (dua) kali dalam setahun, namun tidak menutup kemungkinan jika yang berminat banyak kita akan laksanakan lebih dari 2 (dua) kali.”. Tambah Irwan.

Untuk diketahui,

  1. program ini merupakan kegiatan non anggaran.
  2. Seluruh biaya akomodasi ditanggung oleh peserta sendiri.
  3. Dipersip hanya menyediakan fasilitas tempat, materi dan tenaga pengajar secara gratis.

Bagi tenaga pengelola perpustakaan yang berminat mengikuti program magang gratis ini bisa menghubungi pihak Dipersip Riau Jl. Jendral Sudirman No.462 Telp./Fax (0761) 34068 atau langsung menghubungi Bapak Alizar, S.IP (08127613782), Dodi Prayetno, S.IP (085376901112), Riki Arianto, S.IP (085265985767).