Kunjungan di Hari Pendidikan Nasional

Masih ingatkah foto ini? yah, bagi orang yang bergelut di dunia pendidikan tentu tidak asing lagi. Dialah Tokoh Pendidikan Nasional kita yaitu Ki Hadjar Dewantara.

Beliau merupakan Tokoh Pendidikan Indonesia dan juga seorang Pahlawan Indonesia. Mengenai biografi dan profil Ki Hajar Dewantara sendiri, beliau terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat yang kemudian kita kenal sebagai Ki Hadjar Dewantara.

Beliau sendiri lahir di Kota Yogyakarta, pada tanggal 2 Mei 1889, Hari kelahirannya kemudian diperingati setiap tahun oleh Bangsa Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Beliau sendiri terlahir dari keluarga Bangsawan.

Ia merupakan anak dari GPH Soerjaningrat, yang merupakan cucu dari Pakualam III. Terlahir sebagai bangsawan maka beliau berhak memperoleh pendidikan untuk para kaum bangsawan.

Dalam banyak buku mengenai Biografi Ki Hajar Dewantara, Ia pertama kali bersekolah di ELS yaitu Sekolah Dasar untuk anak-anak Eropa/Belanda dan juga kaum bangsawan. Selepas dari ELS ia kemudian melanjutkan pendidikannya di STOVIA yaitu sekolah yang dibuat untuk pendidikan dokter pribumi di kota Batavia pada masa kolonial Hindia Belanda. (https://www.biografiku.com/biografi-ki-hajar-dewantara/).

Semboyan yang masih terkenang hingga saat ini yaitu:

ING NGARSO SUNG TULADHA = Di Depan Memberi Contoh

ING MADYA MANGUNKARSO = Di Tengah Memberi Semangat

TUT WURI HANDAYANI = Di Belakang Memberi Kekuatan

Di hari istimewa ini Perpustakaan Soeman HS, menerima kunjungan anak-anak dari PAUD Cahaya Bunda – Kecamatan Tenayan Raya dan TK Harapan Bunda – Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru mengawali kunjungannya di pagi hari yang cerah ini, Kamis, 2 Mei 2019.

Dengan menggunakan angkutan umum (oplet) anak-anak yang didampingi guru pembimbing ini keluar dari mobil mereka masing-masing langsung masuk menuju ruang layanan anak. Dengan berlarian anak-anak langsung mengambil buku bacaan dan membacanya. Dengan suasana keceriaan anak-anak menghabiskan waktunya sampai menjelang siang dan kembali kesekolahanya.