Pendampingan E-Arsip DIPERSIP Provinsi Riau

Kamis, 23 Agustus 2018 Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau beserta jajarannya mengikuti kegiatan pendampingan e-Arsip bertempat di ruang ismail suko Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau.

Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan dalam rangka pengaplikasian e-Arsip dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau. E-arsip merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola kearsipan secara digital. Pengelolaan arsip secara digital dapat membantu arsiparis dalam manajemen arsip yang ada.

Pada kesempatan ini di paparkan mengenai E-arsip yaitu berkaitan dengan SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis), SIKD merupakan aplikasi yang digunakan untuk membnatu mengelola arsip dinamis. Pengelolaan yang di yaitu meliputi pengentrian surat, hingga retensi surat yang ada. Hal tersebut memudahkan arsip untuk mengatur serta mengelompokkan arsip berdasarkan jenis, masa waktu serta pemusnahannya.

Tujuan dari pendampingan E-arsip ini adalah untuk integrasinya pengelolaan arsip yang mampu di kelola secara terpusat. SIKD ini kaitannya dengan integrasi aplikasi pengelolaan arsip SIKN dan juga JIKN. SIKN adalah sistem informasi kearsipan nasional dan JIKN adalah jaringan informasi kearsipan nasional

Diharapkan dengan adanya pendampingan ini, kita semuga menjadi lebih sadar tentang tata kelola arsip.


#GerakanRiauPintar
#AyoKeperpustakaan
#GerakanSadarTertibArsip
#AyoMembaca
#SalamDIPERSIP