Perpustakaan Soeman HS Terima 12 Judul buku Karya Widyaiswara Pemprov Riau

PEKANBARU, DIPERSIP.RIAU.GO.ID, Jum’at (26/02/2021), sebanyak 12 (dua belas) judul buku karya widyaiswara Pemprov Riau diserahkan ke Perpustakaan Soeman HS. Penyerahan buku ini berlangsung di Ruangan Tennas Effendi Gedung Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau. Buku yang berjumlah  24 eksamplar ini diserahkan langsung oleh Widyaiswara yang menulis bukunya kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau- Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si.

Untuk diketahui Widyaiswara adalah Pegawai Negeri Sipil yang diangkat sebagai pejabat fungsional oleh pejabat yang berwenang dengan tugas, tanggungjawab, wewenang untuk mendidik, mengajar dan melatih Pegawai Negeri Sipil pada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah. Widyaiswara memiliki peran dan tanggung jawab yang besar untuk mengembangkan kompetensi PNS. Untuk itu, Widyaiswara harus mendidik dan melatih PNS dengan pola pembelajaran yang konstruktif sesuai dengan perkembangan jaman.

Ir. Embung Megasari Zam, M.Si Menyerahkan Buku Karyanya Kepada Kadis Dipersip Riau-Dr. Hj Rahima Erna, M.Si

Adalah Ir. Embung Megasari Zam, M.Si- Widyaiswara Ahli Utama Provinsi Riau yang menjadi koordinator penyerahan buku ini. Dalam sambutannya Embung mengatakan bahwa buku yang ditulis bermula dari mengikuti pelatihan menulis buku bersama Dandelion Publisher. ” Berawal dari mengikuti sebuah pelatihan, dan kemudian saya merasakan manfaatnya dalam menyusun buku hingga akhirnya menjadi candu dan lahir lah beberapa buku yang saya tulis” ujar Embung. Selain itu Embung Megasari juga mengatakan bahwa dalam proses membuat buku ini dia termasuk orang yang terseok-seok namun akhirnya berhasil melahirkan karya pertamanya. Walaupun sudah punya banyak ide dipikiran, namun untuk menuangkannya dalam bentuk buku itu ternyata cukup sulit. Untuk itu diperlukan niat yang kuat dan ketekunan. Embung sendiri menyerahkan 3 (tiga) judul buku yang masing-masing 2 (dua) eksamplar hasil karyanya kepada Perpustakaan Soeman HS. Selain itu Embung mengajak kepada ASN (Aparatur Sipil Negara) yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau yang punya keinginan menulis buku namun kesulitan dalam mengembangkan idenya untuk dapat bergabung bersamanya dalam sebuah kelas bimbingan secara online.

Widyaiswara Pemprov Riau Menunjukkan buku karyanya bersama Kadis Dipersip Riau

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau-Rahima Erna menyambut baik penyerahan buku karya Widyaiswara ini ke Perpustakaan Soeman HS. “Kami merasa senang dengan adanya kepedulian menyerahkan karya ini ke pihak kami, Karena ini merupakan bentuk kepatuhan kita terhadap Undang-undang nomor 13 tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam. Semoga ini dapat menjadi contoh oleh semua penulis di Riau, nantinya buku ini akan kami letakkan di Ruangan Khusus Koleksi Deposit Provinsi Riau. Ibu Embung dan Kawan-kawan sudah  memberikan contoh yang patut ditiru oleh semua pihak.” Ujar Rahima. Selain itu Rahima juga mengatakan bahwa dirinya siap memfasilitasi bedah buku yang telah di sumbangkan oleh Widyaiswara Provinsi Riau ini di Perpustakaan Soeman HS. Rahima juga menyampaikan bahwa kurikulum menulis buku yang diceritakan oleh Embung Megasari perlu diterapkan di kalangan ASN agar dapat meningkatkan literasi menulis di Riau, karena kita perlu memacu indeks literasi, Rahima Sendiri Sudah menulis 3 (tiga) judul buku selama memimpin Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau. Rahima juga berharap kepada semua penulis yang ada di Riau untuk dapat menyerahkan karyanya sesuai Undang-undang Nomor 13 Tahun 2018 tersebut.(RA)

Buku Karya 10 Widyaiswara Pemprov Riau yang diserahkan ke Perpustakaan Soeman HS