Rangsang Minat Baca Masyarakat, Dipersip Riau Taja Kegiatan Bedah Buku

Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, pemerintah bersama stakeholder terus berupaya agar minat baca ini menjadi kebiasaan. Oleh karena itu perlunya pembentukan karakter masyarakat agar cerdas dalam membaca, cerdas memilih informasi dan cerdas terhadap teknologi. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau dan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Daerah Riau berkolaborasi dengan  Salmah Creative Writing menaja diskusi bedah buku Palung Tradisi, antologi puisi yang disusun oleh Penyair Perempuan Indonesia (PPI), di Ruang Bedah Buku Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru, Kamis (20/2/2020).

Siti Salmah, CEO Salmah Creative Writing sekaligus ketua pelaksana acara bedah buku tersebut mengatakan, acara ini merupakan bentuk apresiasi untuk penulis-penulis perempuan di Indonesia, khususnya penulis perempuan Riau.

“Salmah Creative Writing menaja acara ini sebagai apresiasi terhadap penulis perempuan di Indonesia, khususnya penulis perempuan dari Riau. Sebab, Ketua PPI juga berasal dari Riau,” ungkap Salmah saat memberi kata sambutan.

PPI merupakan komunitas literasi yang dibentuk saat Festival Sastra Gunung Bintan pada 2018 lalu. Komunitas ini diketuai oleh Kunni Masrohanti, penyair perempuan asal Riau yang lahir di Siak, 11 April 1974 lalu. Komunitas ini fokus pada sastra-sastra yang menjadikan perempuan sebagai fokus inspirasi dalam pembuatan karya-karyanya.

“PPI ini isinya bukan cuma perempuan, tapi laki-laki juga bisa ikut. Sebab kami membahas perempuan.  Bukan berarti hanya perempuan-perempuan saja yang boleh bergabung dalam PPI,” ujar Kunni.

Selain PPI, dalam diskusi bedah buku Palung Tradisi ini, hadir juga Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Riau, sastrawan, Pustakawan, mahasiswa, pelajar, dan guru.

“Kita berharap acara-acara seperti ini bisa terus diadakan, entah dua bulan sekali,” ucap Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Rahima Erna.

 

Sumber : https://www.riaumandiri.id/read/detail/81152/bedah-buku-antologi-puisi-ppi-salmah-creative-writing-bentuk-apresiasi-untuk-penulis-perempuan