Wakil Ketua PKK Provinsi Riau, Suti Muryati dikukuhkan sebagai Puan Baca Riau

Pekanbaru- Selasa (02/04/2019), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi (Dipersip) Riau kukuhkan dr. Suti Muryati-Wakil Ketua Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Riau sebagai Puan Baca Riau. Anugrah ini diberikan saat perayaan hari Kartini Ke- 55 di Dipersip Riau.

Pemasangan selempang pengukuhan Puan Baca Oleh Kepala Dipersip Riau kepada dr Suti Muryati

Kepala Dipersip Riau, Dr. Hj. Rahima Erna M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa puan baca ini nantinya akan memberikan dampak positif kepada ibu-ibu PKK seluruh Riau hingga ke pelosok desa. “ kita ingin nantinya disetiap pelosok desa di Riau, ibu-ibu  PKK memiliki tempat sendiri untuk advokasi dan melaksanakan kegiatan yang dapat memajukan kesejahteraan melalui literasi. Ada  1582 Desa dan Kelurahan di Riau, kita berharap semuanya nanti memiliki perpustakaan yang dapat dimanfaatkan masyarakat langsung sesuai kebutuhan, sehingga nantinya berdampak kepada minat baca dan kesejahteraan keluarga.” Terang Rahima Erna.

Kepala Dipersip Bersama beberapa stakeholder di Riau

Pengangkatan puan baca ini diharapkan dapat memotivasi  wanita untuk terus menerapkan kebiasaan membaca dan literasi di lingkungan keluarga   dan masyarakat seluruh Riau.  Dalam acara tersebut juga di tandatangani pernyataan bersama untuk mewujudkan Riau Pintar, Ayo Membaca ke perpustakaan dan Sadar Tertib Arsip oleh beberapa stakeholder di Riau, mulai dari Camat, Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se- Provinsi Riau hingga Beberapa kepala OPD di Riau.

dr. Suti Muryati Menandatangani Pernyataan Bersama

Menurut Suti Muryati, perempuan perlu ditingkatkan kemampuan literasinya, karena perempuan adalah tiang negara. Jika perempuan baik, maka baiklah negara ini, sebaliknya jika perempuan rusak, maka rusaklah negara ini. Betapa pentingnya peran perempuan bagi kemajuan suatu bangsa. Penentu kemajuan suatu bangsa adalah perempuan. “ Dalam keluarga, perempuan juga diibaratkan sebuah tiang penyangga. jika perempuan baik, maka baiklah keadaan keluarga tersebut. “ ujar Suti Muryati. Senada dengan Rahima Erna, Istri Wakil Gubernur Riau ini juga menginginkan seluruh kelurahan dan desa di Riau memiliki perpustakaan dan tempat advokasi bagi perempuan. Hal ini dimaksud untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan akan literasi yang dapat meningkatkan taraf hidup kaum perempuan di seluruh Riau.

Pernyataan bersama yang telah ditandatangani