Dipersip Provinsi Riau selenggarakan Dialog Sastra dan Budaya Internasional

Sabtu, 5 Oktober 2019 Dalam rangkaian acara sempena Hari Puisi Indonesia (HPI) Riau yang diselenggarakan dari tanggal 4 s/d 6 Oktober 2019 di Pekanbaru. Salah satu lokasi acaranya di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau dengan kegiatan Dialog Sastra dan Budaya Internasional dengan tema “Dari Puisi Untuk Dunia” bertempat di Ruang bedah buku lantai 3 Perpustakaan Soeman Hs. Belasan penyair nusantara baik dari luar maupun dalam negeri tampil unjuk kebolehan baca puisi dengan keunikan gaya masing-masing, termasuk Kepala Dinas Dipersip Provinsi Riau Dr. Hj. Rahima Erna., M.Si juga turut membacakan puisi. Dalam sambutannya Rahima menyampaikan bahwa literasi itu tidak hanya calistung tapi juga termasuk literasi budaya seperti kegiatan dialog sastra dan budaya seperti yang kita gelar saat ini, dan saya sangat mendukung kegiatan seperti ini, ujar Rahima.

Pada acara Pembukaan Hari Puisi Indonesia tanggal 4 Oktober 2019 di Anjungan Idris Tintin  juga diluncurkan dua buku puisi yakni ‘Membaca Asap’ (kumpulan puisi puluhan penyair nusantara) dan buku ‘Langit, Asap dan Luka’ (kumpulan puisi SMA Cendana yang diprakarsai sastrawan Bambang Kariyawan). Cover kedua buku ditandangani secara bersama oleh Kadis Kebudayaan, SCB, Malim Ghozali, dan lain-lain.

Ketua Panitia HPI yang juga Pimpinan Rumah Sunting, Kunni Masrohanti dalam sekapur sirih menyampaikan kegiatan HPI tahun ini dilaksanakan di saat kabut asap sedang melanda Riau. Oleh sebab itu iven ini sekaligus menunjukkan kepedulian para Sastrawan terhadap kerusakan lingkungan.

Dialog Sastra dan Budaya Internasional ini menampilkan empat Narasumber yaitu Dr. Malim Gazali,P.K (Malaysia), Husnu Abadi, PH.D (Riau), Sutardji Calzoum Bachri (Jakarta), Nik Mansour Nik Halim (Vietnam) dan moderator  Fakhrunnas MA JAbbar. Adapun peserta yang diundang dari perwakilan SMA dan guru pendampingnya yaitu sekolah SMA Cendana, SMK Labor, SMKN 6, SMK Masmur, dan SMA 7 Pekanbaru. hadir juga dalam acara tersebut Sastrawan dari Riau, Pustakawan Dipersip Provinsi Riau, Mahasiswa dan Umum.