Dipersip kembali mengadakan Festival Literasi Riau

Bagikan ke Media Sosial

Shares

PEKANBARU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Provinsi Riau Kembali melakukan Kegiatan festival Literasi Riau 2022 bersama tim Jendela Literasi dan Inspirasi Wanita (Jelita), kegiatan ini berlangsung selama lima hari mulai tanggal 23 – 27 Maret 2022 di Halaman Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau, festival dibuka pada hari Rabu (23/3/2022).

Festival tersebut bertemakan “Berdaya dengan buku menuju masyarakat literasi”. Pada kesempatan tersebut, Kepala Dispersip Riau, Mimi Yuliani Nazir menyampaikan dalam festival literasi Riau kali ini adanya pameran dan bazar buku.

“Pameran yang diikuti oleh penerbit di bawah koordinasi media group seperti yang kita lihat di samping selar yang ada saat ini kemudian penerbit Erlangga dan penerbit lokal Salma publishing,” kata Kadispersip Riau.

Selanjutnya, kegiatan bazar pada festival tersebut dengan memfasilitasi UMKM berupa kuliner Melayu dan produk inklusi sosial serta terdapat juga beberapa kegiatan literasi.

Lebih lanjut, Mimi Yuliani Nazir dijelaskan pada pelaksanaan festival juga digelar lomba yang diikuti lebih dari 168 peserta lomba. Ia menyebutkan, lomba yang digelar pada festival literasi yaitu lomba bercerita taman kanak-kanak, lomba bercerita tingkat sekolah dasar.

Kemudian, lomba bicara tingkat SMP sederajat, lomba siroh nabawiyah untuk tingkat SD, SMP dan SMA, lomba merangkai box arsip, lomba resensi buku karya Soeman HS Provinsi Riau tingkat SMA sederajat, serta lomba pembuatan video profil perpustakaan Soeman HS yang dikategorikan untuk mahasiswa dan umum .

Selain pameran, bazar, kegiatan literasi dan lomba, dalam festival juga melakukan kegiatan launching buku dari penulis komunitas lokal guru ngopi, juga melakukan bedah buku perpustakaan Soeman HS dan hibah buku serta memberikan tidak bantuan sembako kepada masyarakat yang mampu oleh BAZNAS Provinsi Riau.

Mimi Yuliani Nazir berharap, kegiatan festival literasi Riau tahun 2022 ini sebagai upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau di bawah Dispersip Riau untuk mewujudkan masyarakat SDM Riau Unggul sesuai dengan program bapak Gubernur kita.