Dipersip Riau Launching Wisata Edukasi Plus

 

ANJANGSANA AKSI LITERASI PELAJAR

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) bersama Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau menggelar Anjangsana aksi pelajar SMPN 11 Pekanbaru di Perpustakaan Soeman HS, Rabu (18/12/2019). Kunjungan ini disambut baik oleh Kadispersip Rahima Erna, Kabid Layanan Perpustakaan Odor Juliana S dan Fungsional Pustakawan. Sebelum masuk ke aula pertemuan, siswa-siswi diajak berkeliling mengenalkan makna relief-relief yang ada di setiap dinding gedung Perpustakaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Rahima Erna mengatakan bahwa membudayakan membaca itu harus dimulai dari diri sendiri.

“Selain dari diri kita sendiri tentu ada peran orang tua, keluarga serta guru-guru di sekolah yang menjadi sangat penting dalam menumbuhkan kesadaran anak serta mengarahkannya dengan dukungan fasilitas perpustakaan yang ada di sekolah,” ungkapnya. Rahima berharap wisata edukasi seperti ini diikuti oleh sekolah-sekolah lain yang ada di Provinsi Riau karena Gedung Perpustakaan yang megah ini milik masyarakat Riau, rugi kita kalau kita tidak memanfaatkan fasilitas yang sudah dibangun Pemerintah Riau ini, ujar Rahima.

Kemudian, ia juga menjelaskan pentingnya literasi bagi anak anak bukan hanya membaca tapi juga dengan menulis dan 6 (enam) Literasi dasar lainnya harus dikuasai agar tercapai SDM Unggul.

Sementara itu kepala sekolah SMPN 11 Pekanbaru Edison Malau mengucapkan terimakasih kepada Diskominfo Provinsi Riau yang telah menjembatani SMPN 11 Pekanbaru ke Perpustakaan Soeman Hs.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Diskominfo Provinsi Riau yang telah menjembatani kami dalam acara ini di Perpustakaan Soeman Hs yang menjadi kebanggaan kita semua masyarakat Riau”ungkapnya.

Kemudian ia juga menjelaskan, sebanyak 769 siswa SMPN 11 Pekanbaru hadir dalam acara ini dan bersama sama melihat langsung Perpustakaan Soeman Hs dan berbagai acara nantinya.

“Kami berpesan kepada anak anak kami, untuk memanfaatkan momen ini, jangan sia siakan waktu yang berharga ini, karena ini adalah ilmu dan pengalaman baru bisa belajar dan mengambil ilmu dari kegiatan ini,”tutupnya.

Wisata Edukasi Plus atau anjangsana aksi pelajar ini menghadirkan Narasumber Erni Yulial psikolog yayasan Cendana CPI, forum Anak Riau, Genre Pekanbaru serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau

Dalam acara anjangsana ini juga diadakannya MOU Pekan Aksi literasi dalam kegiatan car free day di Perpustakaan Soeman Hs Provinsi Riau bersama Genre Provinsi Riau serta forum anak Riau.

(dikutip dari :https://mediacenter.riau.go.id/ )