Dipersip Riau Taja Forum Perangkat Daerah Tahun 2021

Bagikan ke Media Sosial

Shares

PEKANBARU, DIPERSIP.RIAU.GO.ID- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau melaksanakan forum perangkat daerah se- Provinsi Riau pada Rabu, (17/02/2021) di Ruang Bedah Buku Lantai 3 Gedung Perpustakaan Soeman HS dengan mengusung tema ” Penguatan Sumber Daya Manusia Unggul dan Sejahtera dan Pemantapan Infrastruktur Stragtegis Untuk Pertumbuhan Riau.

Kadis Dipersip Riau, Rahima Erna meyampaikan Sambutannya

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Provinsi Riau Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si. Dalam sambutannya Rahima Erna menyampaikan tentang penguatan perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk meningkatkan kesejahteraan mayarakat. “Penguatan Literasi di masyarakat akan merubah mindset masyarakat terhadap baca tulis. Tidak hanya itu, peningkatan literasi masyarakat bukan sekedar meningkatkan minta baca dan menulis, melainkan meningkatkan pola pikir masyarakat yang mampu berdaya saing secara global. untuk daerah tertinggal, hal ini menjadi sangat penting sekali dalam menunjang  indeks pembangunan manusia, meningkatkan inovasi dan kreatifitasnya.” ujar Rahima.

Kegiatan ini menghadirkan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau, Dewan Perpustakaan Provinsi Riau, BAPPEDA LITBANG Provinsi Riau, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  dari 12 Kabupaten Kota se Provinsi Riau, serta beberapa Komunitas Pegiat Literasi di Provinsi Riau.

dalam acara ini juga dilaksanakan diskusi  yang mengahdirkan empat narasumber. keempat narasumber tersebut adalah Drh. Chaidir (Ketua Dean Pembina Perpustakaan), Zulkifli Indra (DPRD Provinsi Riau), Netti (BAPPEDALITBANG), dan Rahima Erna (Kepala Dipersip Riau).

Peserta Forum Perangkat Daerah Dipersip Riau 2021

Netti dalam materinya mengutarakan bahwa tujusan dan sasaran seluruh Organisasi Perangkat Daerah adalah meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dan meningkatkan kualitas manajemen arsip. dengan sasaran berupa peningkatan akses dan mutu perpustakaan, kemudian meningkatkan tatakelola kearsipan. selanjutnya Zulkifli Indra selaku anggota DPRD Provinsi Riau menyampaikan banhwa belum semua kabupaten di provinsi riau memiliki  Dinas Perpustakaan, tapi masih dimasukkan kedalam dinas yang bersinggungan. Zulkifli Indra juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh stake holder dan komunitas yang terlibat karena telah kreatif dan inovatif dalam mengembangkan perpustakaan dan arsip di Provinsi Riau.

Chaidir selaku Dewan Perpustakaan menyampaikan Pokok Pikiran Dewan Perpustakaan yang berisi bahwa pentingnya memahami dengan baik perkembangan zaman ditengah arus teknologi informasi. “dalam hal literasi digital masih sangat perlu ditingkatkan. maka perlu dibangun formula yang tepat dan sejalan dengan dunia digital”, ujar Chaidir.

Rahima Erna dalam materinya kembali menekankan peningkatan perpustakaan berbasis inklusi sosial melalui peran komunitas dan membangun ekosistem literasi agar terwujudnya SDM dan sejahtera. “kami juga slalu mensosialisasikan  agar perpustakaan menjadi program prioritas”, ujar Wanita Lulusan IPDN ini.

Kegiatan Forum Perangkat Daerah ini disambut baik dari kalangan komunitas literasi yang hadir. Mereka menyampaikan bahwa hndaknya kegiatan seperti ini selalu melibatkan masyarakat seperti dari kalangan pegiat literasi. ” bahwa kegiatan ini sangat perlu melibatkan kalangan masyarakat, karena merupakan indikator penting dalam pembangunan SDM yang unggul dan sejahtera”. ujar Alvin salah satu pegiat literasi di Riau. (RA)