Dipersip Riau terima kunjungan Komisi IV DPRD Bengkalis

Bagikan ke Media Sosial

Shares

 

Dipersip- Kamis (04/02/2020) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau terima kunjungan dari Komisi IV  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis. Kunjungan ini disambut  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau  yang diwakilkan oleh Sekretaris Dipersip Riau, Irwan, SH, M.Si.

Dalam sambutannya Irwan meyampaikan bahwa Perpustakaan Soeman HS selaku instansi pembina untuk perpustakaan di Provinsi Riau sudah melakukan Kerjasama dengan berbagai instansi. Dalam perkembangannya perpustakaan sudah bertransformasi menjadi ramah dan dibutuhkan masyarakat. Di Kabupaten Bengkalis sendiri sudah menerima program Transformasi yang dilaksnakan oleh perpustakaan nasional dalam rangka mendukung RPJMN 2020-2024. Selain itu, Dipersip Riau juga menyampaikan kepada Komisi IV DPRD Bengkalis dan Kepala Perpustakaan Kabupaten Bengkalis untuk dapat mendukung Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam mengingat Bengkalis merupakan salah satu kabupaten yang memiliki penulis-penulis terbaik di Riau.

Saat kunjungan, HJ. Zahraini B, S.Pd.,MP selaku Sekretaris Komisi IV DPRD Bengkalis bertindak sebagai pimpinan rombongan, selain itu Kepala Perpustakaan Kabupaten Bengkalis-Dr. H. Suwarto, S.Pd.,M.Pd juga turut hadir pada kunjungan tersebut.

“ Kami sengaja berkunjung ke sini untuk melihat perkembangan perpustakaan dan ingin menjadikan perpustakaan di Kabupaten Bengkalis menjadi perpustakaan yang seperti perpustakaan Soeman HS ini,”, Ujar Zahraini. Selain itu zahraini juga menanayakan perkembangan perpustakaan di Riau dan menceritakan beberapa penulis di Riau banyak berasal dari Kabupaten Bengkalis.

Dalam kesempatan ini Suwarto menjelaskan bahwa perpustakaan di Kabupaten Bengkalis sudah menjalin kerja sama dengan Dipersip Riau selaku instansi pembina di Riau. “ tahun ini kita menargetkan 200 Perpustakaan di Bengkalis terakreditasi, baik sekolah maupun desa. Tentunya dengan pembinaan yang dilakukan oleh Perpustakaan Provinsi .” Ujar Suwarto. Selain itu suwarto juga menyampaikan bahwa untuk program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, Perpustakaan Kabupaten Bengkalis juga sudah menerima manfaatnya, banyak kegiatan-kegiatan yang meningkatkan habit masyarakat ke-arah produktif dan positif telah terjadi. Bahkan tanggal 26 Januari 2021 kemaren Mahasiswa Politeknik Bengkalis berhasil menciptakan buku berbicara, buku tersebut diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional di Riau.(RA)