Dukungan Kegiatan Duta Baca Provinsi Riau dalam Mengkampanyekan Gemar Membaca

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau menyelenggarakan Dukungan Kegiatan Duta Baca Provinsi Riau Tahun 2019 yang dilaksanakan di lantai 3 Ruang Bedah Buku Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru, Selasa (15/09/19).

Kegiatan APBN Pusat Ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Provinsi Riau Rahima Erna dan sekaligus memberi kata sambutan, serta Laporan kegiatan oleh Ketua Pelaksana Riki Arianto, S.IP. Kegiatan ini menghadirkan Narasumber Duta Baca Riau Wamdi, yang menjelaskan cara agar gemar membaca salah satunya dengan memahami tujuan yang jelas dari membaca itu sendiri dan Penggiat literasi Provinsi Riau Nugroho, Arma Winarni (FTBM Provinsi Riau) juga menyampaikan kepada para peserta sosialisasi tersebut yang mana para peserta dari siswasiswi SMA dan pegiat literasi bahwa yang disebut duta baca itu saudara-saudara sekalian para pegiat literasi yang meluangkan waktunya untuk membaca serta berbagi ilmu dan informasi dimanapun berada. Moderator oleh Tri Hartanto dari Dinas Komunikasi dan Statistik Provinsi Riau.

“Salah satu tugas yang sangat mulia dalam upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana yang diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 adalah PERPUSTAKAAN yang diselenggarakan dengan tujuan memberikan layanan kepada masyarakat, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan, dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. ”

Keberadaan dan pentingnya Fungsi Perpustakaan sudah kita ketahui bersama, yakni: sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa” ujar Rahima Erna.

“Untuk itu, penguasaan enam literasi dasar yang dikemukakan oleh World Economic Forum pada tahun 2015 silam amatlah penting, tidak hanya penting bagi pelajar tapi juga penting bagi seluruh masyarakat. Enam literasi dasar itu mencakup, literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewarganegaraan”

“Literasi mempunyai peranan penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat dan Perpustakaan mempunyai peran penting dalam literasi masyarakat”, tutupnya.