Forum Taman Baca Masyarakat Prov. Riau dikukuhkan Kadis Dipersip Prov.Riau

 

Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Provinsi riau Dr. Hj. Rahima Erna., M.Si memberikan sambutan sekaligus pengukuhan Forum TBM (Taman Baca¬† Masyarakat) Provinsi Riau pada hari Sabtu Tanggal 29 Juni 2019 bertempat di Gedung A Ismail Suko Dipersip Provinsi Riau. Acara ini mengusung tema “Menguatkan Literasi bersama Pemimpin Negeri”. Kadis Dipersip menyambut baik dengan dibentuknya Forum TBM Provinsi Riau ini. Mari bersama-sama menggerakkan budaya literasi ditengah-tengah masyarakat, agar tercapai Visi Misi Riau yaitu menuju Riau Cerdas dan mandiri, harap, Rahima.

Dalam sambutannya, Pengurus Wilayah Forum TBM Riau merupakan perpanjangan tangan sekaligus mitra kerja Pemerintah Daerah dalam hal ini termasuk Balai Bahasa Riau (BBR) sbg UPT Kemendikbud. Saat ini, Kepala BBR ditunjuk sebagai Ketua Gerakan Literasi Daerah (GLD) oleh Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kemendikbud sebagai Ketua Gerakan Literasi Nasional (GLN).

Sebagai pengurus wilayah FTBM Riau yang dilantik memiliki peluang besar untuk berkontribusi terhadap upaya pencerdasan anak bangsa melalui berbagai kegiatan membaca. Dalam hal ini membaca diartikan secara luas, membaca diri sendiri, alam dan firman Allah SWT. Kegiatan tidak lagi fokus pada membaca awal sebagai pengetahuan, tetapi juga membaca berbagai proses dan hasil teknologi sebagai ketrampilan untuk menjalani hidup.

Bahasa Indonesia sebagai sarana berliterasi (membaca, menulis dan berhitung) harus dipelajari agar bisa menulis dan bertutur secara baik, benar dan santun. Produk literasi sebagai bahan bacaan tidak boleh melanggar norma bahasa, agama, adat dan negara.

Tujuan akhir aktivitas membaca sebagai bagian dari literasi ialah utk mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat Indonesia. Untuk mencapai hak tersebut, kita memerlukan bahan dan proses literasi yg bersih alias syariah. Dalam hal ini keterlibatan semua pihak sangat diperlukan termasuk penulis, penerbit dan stakeholder terkait.