Jambore Perpustakaan Kabupaten Siak Resmi dibuka Bupati Siak

Bupati Siak, Drs.H. Alfedri., M.Si secara resmi membuka Jambore Perpustakaan 2019 yang digelar ketiga kalinya. Acara tersebut diselenggarakan di halaman Gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak, Kamis (12/09/2019).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab.Siak, Muhammad Arifin menjelaskan pelaksanaan kegiatan Jambore Perpustakaan ini merupakan yang ketiga kalinya dan pada setiap pelaksanaannya selalu mendapat respon yang baik dari lapisan masyarakat serta juga stakeholder Pemerintah Daerah. Kegiatan ini merupakan hal yang baik untuk terus dilestarikan dan bahkan dapat dilaksanakan dengan luas cakupan pelaksanaan yang lebih tinggi lagi.

“Dengan harapan gaung semangat bertransformasi dan upaya meningkatkan minat membaca bagi masyarakat dapat dirasakan secara nyata,” ujar Arifin.

“Semoga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan apa yang kita harapkan menjadi kenyataan untuk membangun generasi muda Kabupaten Siak yang gemilang,” kata Arifin.

Bupati Siak, Alfedri menambahkan hadirnya Perpustakaan merupakan lembaga perantara yang sangat penting dalam upaya meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat dan pelajar khususnya di Kabupaten Siak. Dengan terselenggaranya kegiatan Jambore Perpusatakaan 2019 Kabupaten Siak diharapkan bisa menjadi motivasi dan semangat berinovasi bagi masyarakat kedepannya. Dalam kegiatan ini juga dikukuhkannya Bunda Literasi Siak dengan pembacaan SK Bupati Siak yang ditandatangani. Setelah dikukuhkannya Bunda Literasi Siak Dra. Hj. Rasidah Alfedri ini semangat gemar dan budaya membaca khususnya di Kabupaten Siak semakin meningkat, harap Alfedri.

 

“Mudah – mudahan kegiatan ini bisa menjadi motivasi untuk kita semua guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya para generasi muda Kabupaten Siak menjadi masyarakat yang cerdas dan sejahtera. Dengan harapan di masa mendatang dapat membawa Kabupaten Siak menuju ke arah yang lebih baik,” papar Alfedri.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dr. Hj. Rahima Erna., M.Si, Pejabat Struktural dan Fungsional Pustakawan Provinsi Riau. Kadispersip Provinsi Riau memberikan kata sambutan dan dukungan terhadap Pemerintah Kabupaten Siak khususnya dinas perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak atas terselenggaranya kegiatan Jambore Perpustakaan tersebut. Di Provinsi Riau kegiatan ini baru Kabupaten Siak yang menyelenggarakannya, Rahima berharap Dinas Perpustakaan Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau juga turut menggelar kegiatan serupa apalagi perkembangan Perpustakaan sekarang berbasis inklusi sosial artinya masyarakat bisa langsung mengaplikasikan apa yang dibaca dari buku di Perpustakaan, seperti cara bercocok tanam, cara menyulam, cara meronce dan lain – lain. Melalui jambore ini setiap desa dapat mengembangkan perpustakaan masing – masing dan memberi kontribusi positif bagi kecerdasan,  kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa khususnya dan masyarakat Siak,” harap Rahima.

Dalam acara tersebut digelar juga kegiatan Sosialisasi program transformasi bagi 100 penghulu dan 100 petugas perpusdes dengan Narasumber Dr. Hj. Rahima Erna., M.Si dan Muhammad Arifin, M.Si. Mendatangkan pendongeng tingkat Nasional PM TOH untuk anak PAUD TK sebanyak 150 anak, kegiatan pelatihan menulis untuk SLTP, SMA, Mahasiswa dan Umum dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang dengan Narasumber Nasional Kirana kejora. Diramaikan juga dengan bazar UMKM masyarakat. Total peserta yang datang dalam kegiatan tersebut lebih kurang 500 orang.