JELITA Riau Hadir kembali di Tahun 2022

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Pekanbaru- Kamis,06 Januari 2022.
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau hadirkan kembali program JELITA Riau onsite dan virtual zoom, live Youtube, Instagram, dan Facebook Dipersip maupun akun infopublik Riau. Di awal tahun dan di awal kepemimpinan Kadispersip yang baru 1 bulan dilantik Dra. Mimi Yuliani Nazir, Apt., MM menyusun program JELITA Riau tiap minggunya dengan tema- tema yang menarik sesuai dengan isu- isu strategis di sekitar kita dengan narasumber yang berkompeten dibidangnya masing- masing. Tema diminggu pertama Bulan Januari ini yaitu “Menelisik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tahun 2022”. Agar masyarakat lebih mengenal lebih dekat dan akrab mengenai Tupoksi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, harap Mimi.

Adapun Narasumber dalam acara ini yaitu Kadispersip Riau, Fungsional Pustakawan Ahli Madya Dody Prayitno,S.IP dan Fungsional Arsiparis Ahli Madya Ramli Arsyad,SE,ME.

Mimi Yuliani Nazir sangat mengapresiasi program JELITA Riau ini. Karena melalui program ini Dipersip Riau dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat mengenai informasi yang akurat dan edukasi di setiap ilmu pengetahuan yang dapat membawa dampak sosial SDM unggul, mandiri dan sejahtera.

Dalam penyampaiannya Kadispersip Riau menyampaikan gambaran umum Dipersip sejak diresmikan tahun 2008 sampai dengan pencapaian yang telah diraih serta yang akan dikerjakan ditahun 2022 ini kedepannya.

Selain itu beliau juga menjelaskan tentang Undang – Undang dan peraturan yang mengatur urusan Perpustakaan dan Kearsipan.

Begitu juga dengan yang disampaikan oleh Pustakawan dan Arsiparis Dipersip Riau, terkait Tupoksi urusan masing- masing. Mulai dari pengertian Perpustakaan itu sendiri sampai dengan pengembangan Perpustakaan yang akan datang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. Kearsipan pun juga penting diketahui mulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, perlu tahu tentang apa itu Arsip, temu balik arsip dan seperti apa penyimpanan arsip tersebut.

Pada saat sesi terakhir yaitu tanya jawab, ketua Dewan Perpustakaan Riau yang turut menjadi peserta dalam acara ini Dr.Junaidi,S.S,M.Hum mengemukakan pendapat dan saran terkait SDM perpustakaan dengan lebih memperhatikan tenaga pustakawan yang disekolah-sekolah, jangan cuma karena untuk mendapatkan akreditasi sekolah mereka direkrut tapi setelah mendapatkan akreditasi mereka tidak diberikan kejelasan akan statusnya, tutur Junaidi. Ketua Dewan perpustakaan ini juga mengajak pemerintah Provinsi Riau untuk bekerja sama membuka lowongan Pustakawan untuk penempatan di sekolah-sekolah, pungkasnya”. Hal ini disambut baik oleh Mimi Yuliani Nazir(Kadispersip Riau) kedepannya saran dan masukan dari semua peserta yang aktif dalam diskusi acara ini akan kita tampung dan kita masukkan kedalam rencana kerja Dipersip kedepannya.

 

Editor: Delviana Fransiska., M.I.Kom – Pustakawan Muda