JELITA RIAU KEDATANGAN PERANCANG MUDA RIAU YANG AKAN MENGIKUTI INDONESIAN FASHION WEEK 2022 DISTUDIO JELLITA DIPERSIP

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Pekanbaru – Dibawah arahan kepemimpinan Mimi Yuliani Nazir, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau kembali tayangkan JELITA dengan tema Super O2 yang disiarkan langsung dari Studio Jelita Dinas Perpustakaan  dan Kearsipan Provinsi Riau. Ini kali pertama super o2 ditayakan langsung dari studio karena biasanya dilakukan secara virtual.

Turut hadir dalam Jendela Literasi dan Inspirasi Kita (Jelita) kali ini,  Sekretaris Diskominfotik Pemprov  Riau Sri Mekka, Kepala Sekolah Darma Yudha Pekanbaru Christian Pramudana, Desainer Muda Riau M. Abyan Syah, serta Putri Belia Indonesia 2021 Nurul Aini Lintang.

sebagai desiner muda “ Tentunya saya sangat bangga untuk  memperkenalkan kain tenun Riau ini ke acara fashion terbesar di Indonesia,” ucap Abyan selaku pemilik brand Bymekka di Studio Jelita Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Riau, Senin (11/4/2022).

Abyan menjelaskan brandnya tersebut selain memperkenalkan tenun melayu Riau juga akan menampilkan batik Riau, bucket head hingga tas selempang bermotif tenun Siak.

” Kami juga melakukan kolaborasi dengan pengrajin lokal salah satunya tenun Siak Bu Atun. Hal ini juga merupakan salah satu cara kami untuk membantu pemulihan ekonomi pengrajin seni yang terkena dampak pandemi covid-19,” ungkapnya.

Abyan berharap, dengan langkah mempromosikan brand yang dimilikinya,  kain tenun Riau  takkan hilang di makan zaman dan akan mengudara hingga kancah internasional, “ Saya harap semoga saja melalui Bymekka kain tenun Riau akan semakin dikenal tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga   kancah Internasional,”harapnya.

Abyan juga menjelaskan Tenun Melayu Riau akan ditampilkan dalam acara Indonesia Fashion Week (IFW) 2022 yang akan digelar pada 13-17 April mendatang di Jakarta Convention Center (JCC).

Acara IFW22 tersebut merupakan ajang tahunan fashion dan budaya yang di ikuti oleh berbagai desainer brand lokal se-Indonesia. Untuk Riau, kain tenun melayu yang akan ditampilkan merupakan hasil dari tangan desainer muda Riau, M Abyan Syah.

Perlu diketahui dalam kegiatan tersebut Abyan mendapatkan dukungan dari pihak sekolahnya.  Untuk kegiatan fashion show nanti ia membawa model kebanggaan Riau yaitu pemenang Putri Belia Indonesia 2021, Nurul Aini Lintang. “ Bisa diajak berpartisipasi dalam ajang ini saya tentunya senang sekali ya, apa lagi ini berkaitan dengan prouduk kain warisan nusantara,” ujar Lintang.

Sementara itu, Kepala Sekolah Darma Yudha Pekanbaru Crhristian Pramudana mengatakan pihak sekolah tidak hanya mendorong kepandaian dalam bidang akademis tetapi juga mendukung siswa dalam kegiatan non akademis salah satunya dibidang kreatifitas.

“Generasi saat ini memang perlu di arahkan ke aspek kreatifitas budaya supaya sesuatu yang berkaitan dengan peninggalan sejarah tidak terlupakan di suatu saat nanti. “ Ini lah salah satu bukti kreatifitas anak bangsa yang nantinya membuat budaya ini tak terlupakan. Sekali lagi kami mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh  Abyan,” pungkasnya.

Dalam  kesempatan yang sama, Sekretaris Diskominfotik Pemprov Riau, Sri Mekka memberi apresiasi terhadap generasi muda yang masih peduli dengan kebudayaan Riau.

“ Pemerintah Provinsi Riau pasti selalu memberi ruang untuk generasi muda yang punya talenta dalam bidang apapun. Saya juga mengucapkan selamat untuk anak-anak kita yang akan tampil dalam acara Indonesia Fashion Week,” tutupnya