KABID PELAYANAN PERPUSTAKAAN, DOKUMENTASI DAN INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGHADIRI PEMBUKAAN BIMTEK PERPUSTAKAAN DISIAK

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Siak – Rabu (13/07/2022) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan, Dokumentasi dan Informasi (Roni Indera Kusuma) perpustakaan menghadiri pembukaan kegiatan BIMTEK strategi pengembangan perpustakaan dan TIK berbasis iklusi sosial yang ditaja oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak. BIMTEK yang dibuka langsung oleh Bupati Siak ini berlangsung selama dua hari dimulai tanggal 13-14 juli 2022.

Roni menyebutkan Bimtek ini merupakan program yang sangat bagus dan didukung oleh Perpustakaan Pusat. Karena program ini merupakan tolak ukur bagi masyarakat yang berada di kampung, khususnya kabupaten Siak.

“Pemkab Siak mendukung penuh perpustakaan yang ada di kampung, dengan tujuan agar masyarakat desa mengerti untuk meningkatkan perekonomian dan usaha mereka sudah ada literasi di perpustakaan,” ujarnya.

Roni juga mengharapkan dengan adanya bimtek ini masyarakat desa memahami untuk meningkatkan perekonomian mereka melalui literasi yang ada diperpustakaan. Disambutannya roni juga menyampaikan bahwa dikabupaten siak ini sudah ada 11 perpustakaan yang terakreditasi. Roni menegaskan bahwa dari DIPERSIP Provinsi telah membentuk tim untuk meninjau perpustakaan yang ada di seluruh kabupaten/kota yang ada diprovinsi Riau. Kami juga telah menunjuk koordinator tim untuk pembinaan, pemantauan dan pengembangan, sehingga perpustakaan yang belum terakreditasi bisa terakreditasi.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 tenaga pengelolaan perpustakaan desa maupun perpustakaan daerah kabupaten Siak. BIMTEK yang berbasis inklusi sosial ini kedepannya berharap perpustakaan dapat mengembangkan seluruh literasinya sehingga menjadi wadah untuk mewujudkan masyarakat yang berinformasi. Dengan adanya perpustakaan dengan sumber-sumber yang telah dipercaya, maka masyakat menjadi lebih percaya diri dalam menyebarkan informasi-informasi yang beredar serta dapat meningkatkan peningkatan perekonomian keluarga melalui membaca, mengingat perpustakaan adalah gudang segala ilmu.