KADISPERSIP Riau Hadiri Bimtek Pemeliharaan Dan Penyusutan Arsip Di Rohil

Bagikan ke Media Sosial

Shares

 

Rokan Hilir, 15 Juni 2022.

Menurut UU Nomor 43/2009 Psl 1 No.23 Penyusutan arsip adalah kegiatan pengurangan jumlah arsip dengan cara pemindahan arsip inaktif dari unit pengolah ke unit kearsipan, pemusnahan arsip yang tidak memiliki nilai guna, dan penyerahan arsip statis ke lembaga kearsipanPenyusutan arsip dilakukan oleh pencipta arsip berdasarkan Jadwal Retensi Arsip (JRA). Lembaga Negara, pemerintah daerah, PTN, BUMN dan BUMD wajib memiliki JRA yang ditetapkan oleh pimpinan lembaga setelah mendapat persetujuan kepala ANRI sedangkan PTS, Perusahaan swasta, orpol dan ormas harus memiliki JRA yang ditetapkan oleh pimpinan setelah mendapat pertimbangan kepala ANRI.

Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Rokan Hilir. Bertempat di Hotel Grand Rokan Hilir. Turut hadir memberikan sekapur sirih Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Dra. Mimi Yuliani Nazir, Apt., MM. Acara dibuka secara resmi oleh Sekda kab. Rohil Drs.Fery Hendra Parya., M.Si.

Dalam sambutannya Fery Hendra Parya menyampaikan, kearsipan merupakan pengelolaan catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi yang memiliki nilai kegunaan teratur dan terencana baik itu arsip yang dibuat maupun yang diterima sehingga sistem kearsipan yang diselenggarakan secara optimal akan memperlancar kegiatan lembaga, organisasi, badan maupun perorangan. Oleh sebab itu Bimtek Pemeliharaan dan Penyusutan Arsip ini dipandang sangat perlu untuk penyelenggaraan kearsipan yang bermutu dan menjamin penyelamatan bahan pertanggungjawaban guna mendukung manajemen Pemerintahan dan pembangunan.

Begitupun dalam sekapur sirih yang disampaikan KADISPERSIP Riau; “Arsip tidak hanya dipandang sebagai catatan sejarah saja, melainkan juga bagian yang tidak terpisahkan dari manajemen organisasi. Keberhasilan pengelolaan arsip dengan sendirinya akan mempengaruhi kinerja organisasi, karena arsip organisasi secara nyata dan berkelanjutan memberikan dukungan dalam proses manajemen organisasi yang bermutu”, kata Mimi Yuliani Nazir. Melalui Bimtek ini Kadispersip Riau berharap dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi para peserta agar mampu mengelolah kearsipan secara efektif dan efisien di unit kerja masing-masing dan setelah terlaksananya kegiatan ini maka para peserta harus dapat memahami prosedur yang benar dan kedepannya tidak ada lagi pengiriman arsip ke LKD dalam bentuk berkas yang tidak sesuai dengan aturan.

“Saya berharap para peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik sampai tuntas sehingga dapat diaplikasikan dalam lingkup kantor masing-masing.”harap Mimi. Sebelumnya dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Hj. Fatmawati, SKM., M.Si dijelaskan bahwa Bimtek Pemeliharaan dan Penyusutan Arsip ini diselenggarakan  selama dua hari mulai dari tanggal 14 sampai 15 Juni 2022, dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang dalam dua hari pelksanaan dengan peserta yang berbeda, yang terdiri dari para arsiparis OPD dan kecamatan se- Kab. Rohil dan kelurahan/kepenghuluan pada kecamatan Bangko Kab. Rohil.

“Bimtek ini menghadirkan Narasumber pejabat fungsional Arsiparis Madya Dra.sulistyowati., M.Si dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dan Narasumber dari DISPERSIP Riau Arsiparis Madya T.Masneliyanti, S.Psi., M.Si.