Kadispersip Riau Hadiri Rapat Persiapan Rakornas Arsip dan Puncak Hari Kearsipan Nasional ke 49 di Jakarta

 

Pekanbaru, 24 Januari 2020

Provinsi Riau menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional Arsip dan puncak peringatan Hari Kearsipan ke-49 pada tahun 2020 ini. Dihadapan Pimpinan ANRI dan Panitia Pusat, Kadispersip Provinsi Riau didampingi Kadis Arsip Kota Pekanbaru dan Kadis Arsip Kab.Siak dan pejabat eselon III di Kantor ANRI Jakarta menyampaikan kesiapan teknis pelaksanaan Hari Kearsipan dan Rakornas yang meliputi wacana tempat pelaksanaan, beberapa kegiatan pendukung antara lain, Pameran Kearsipan Provinsi Riau, Lomba Puisi Arsip, Car Free Day Kearsipan ANRI, Provinsi Riau dan kota Pekanbaru, Pemilihan Arsiparis Teladan, Kunjungan ke Istana Siak dan melihat penyimpanan Arsip Kesultanan Siak hasil Restorasi, Bazar UMKM  dan beberapa acara yang akan menyemarakkan Hari Kearsipan.

Semarak Hari Kearsipan Nasional ini  akan dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kepala ANRI RI, dan Gubernur Riau Syamsuar.

Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan  ini, sebagai momentum refleksi dalam rangka menguatkan komitmen untuk melakukan pembenahan pengelolaan arsip yang lebih baik secara menyeluruh, sistematis, dan dinamis,” kata Rahima, Kamis  (23/1/2020).

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar sangat mengapresiasi acara Rakornas dan berterima kasih kepada ANRI yang telah memberikan kepercayaan kepada Provinsi Riau menjadi tuan rumah Peringatan Hari Kearsipan Ke-49.

Tahun lalu di Makasar mengusung tema “Arsip Merajut Keberagaman”. Pada tahun ini tema yang akan diusung masih dirapatkan. Rangkaian Peringatan Hari Kearsipan Ke-49 direncanakan berlangsung tanggal 18- 21 Juni 2020.

Kepala Dinas Kearsipan Riau Rahima Erna mengaku bangga atas amanah yang diberikan kepada Riau, begitupun dengan Kadis Arsip Kota Pekanbaru dan Kadis Arsip Kab.Siak yang akan disinggahi tamu se Indonesia lebih kurang 2000 peserta nantinya.

“Alhamdulillah, kami bangga dengan ditunjuk menjadi tuan rumah Hari Kearsipan Nasional oleh ANRI” singkatnya.

Untuk mematangkan schedule Hari Kearsipan,  Tim ANRI nantinya di bulan Februari bertolak ke Riau untuk melakukan koordinasi dengan Tim di Daerah.