Mimi: Minimal 100 Perpustakaan Terakreditasi di Tahun 2022

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Dipersip.riau.go.id-Pekanbaru, (08/02/2022) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau taja Workshop Internal tentang akreditasi perpustakaan. Acara yang diikuti oleh seluruh pustakawan pada Perpustakaan Soeman HS ini difasilitasi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau- Mimi Yuliani Nazir. Dalam sambutannya, Mimi menyampaikan bahwa pembinaan untuk akreditasi perpustakaan merupakan tugas dan fungsi pustakawan sebagai tanggung jawab profesinya. Mimi juga menyampaikan bahwa di Riau ini terdapat 7.857 Perpustakaan. Dari jumlah tersebut ada 679 perpustakaan sekolah SMA Sederajat namun yang sudah terakreditasi baru 43 perpustakaan sekolah. Sementara jumlah pustakawan di Perpustakaan Soeman HS ada 44 orang. Untuk itu Mimi membentuk tim percepatan akreditasi perpustakaan yang dibagi masing-masing kabupaten/kota se Riau. Dalam tim yang terdiri dari 4 orang ini terdapat satu orang pustakawan sebagai koordinator.

“Kita punya target minimal 100 perpustakaan harus terakreditasi di tahun ini. Untuk itu, Kami sudah menyurati Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di 12 Kabupaten/Kota  se Riau untuk memfasilitasi paling sedikit 15 perpustakaan untuk dilakukan pembinaan.” Ujar mantan Kadis Kesehatan Provinsi Riau ini. Mimi juga berharap kepada semua pustakawan untuk dapat bekerjasama dengan baik serta melakukan inovasi-inovasi yang lebih baik lagi. “Saya senang sekali dengan teman-teman pustakawan yang sudah berinovasi. Saya harap inovasinya dapat ditingkatkan lagi.’’ Terang Mimi.

Acara yang membahas tentang tata cara pembinaan perpustakaan agar mendapatkan akreditasi yang baik ini menghadirkan 3 (tiga) orang assessor yang berasal dari Provinsi Riau yakni, Dody Prayetno, Irwan, dan Kun wardoyo, ketiganya merupakan Pustakawan Madya Provinsi Riau yang memiliki sertifikat sebagai assessor perpustakaan dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional. Materi difokuskan untuk penyiapan borang akreditasi Perpustakaan SMA sederajat. (RA)