Misnarni Syamsuar dan TP.PKK Provinsi Riau Komitmen kembangkan UP2K Untuk Inklusi Sosial Ekonomi

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Bukittinggi- Tim Jendela Literasi dan Inspirasi kita di bawah Arahan Dra.Mimi Yuliani Nazir,Apt.MM (KADISPERSIP) mendampingi kegiatan ibu gubernur yang berkunjung langsung melihat bidang usaha bordir dan sulam yang sangat mendukung diwilayah Provinsi Riau. Kunjungan ini merupakan komitmen TP.PKK Provinsi Riau dalam upaya pembinaan terhadap kelompok UP2K (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga) PKK.

Misnarni Syamsuar menjelaskan, keahlian bordir dan sulaman menjadi salah satu keahlian yang bisa menghasilkan barang dengan nilai jual tinggi dan ini bisa dikembangkan di Riau khususnya melalui TP PKK. Namun, karena saat ini masih keterbatasan SDM yang bisa memberikan pelatihan, makanya perlu belajar lebih banyak lagi dari pengrajin di berbagai daerah lainnya. Pasti kita berharap UP2K PKK Riau bisa lebih baik dan lebih maju,” ujarnya.

Jelasnya, kegiatan ini ditujukan untuk mengembangkan kegiatan usaha keluarga yang tergabung dalam kelompok maupun perorangan, sehingga secara bertahap diharapkan mampu menjadi wiraswasta yang dapat diandalkan serta meningkatkan pertumbuhan kegiatan yang bersifat kooperatif dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera. “Dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan untuk kesejahteraan keluarga menuju Riau lebih baik,” tutupnya.

UP2K adalah salah satu program penanggulangan kemiskinan khususnya bagi kaum perempuan. Program ini telah ada sejak Tahun 1985 yang ada pada waktu itu sumber dana berasal dari dana inpres bantyuan desa melalui PKK.

Mimi Yuliani Nazir(KADISPERIP) berharap dengan adanya jelita ini selain dapat meningkatkan taraf ekonomi tapi juga bisa menambah wawasan masyarakat terhadap segala bentuk disiplin ilmu, sehingga tidak ada yang bilang bahwa tidak mengetahui karena kurangnya wawasan yang didapat, meskipun ibu rumah tangga.

Kedepannya jelita akan kami tampilkan sekali seminggu dengan berbagai tema yang kami sajikan. sehingga harapannya jelita ini bisa menjadi suatu wadah yang mencakup berbagai informasi,tutupnya