Pasca Sosialisasi 23 Perpustakaan di Riau terakreditasi

PEKANBARU, DIPERSIP.RIAU.GO.ID, Kamis (25/02/2021), hari kedua sekaligus penutupan acara sosialisasi akreditasi perpustakaan  di Novotel  Hotel Pekanbaru  membuahkan hasil yang baik. Sebanyak 23 perpustakaan yang ikut dalam acara tersebut terakreditasi. 6 (enam) diantaranya bernilai A. Acara sosialisasi ini sebelumnya diikuti oleh 40 perpustakaan se Provinsi Riau.

Kadis Dipersip Riau-Rahima Erna Bersama Tim Asessor menyampaikan apresiasinya

Drs. Sudirwan Hamid, MH selaku Narasumber sekaligus Asessor untuk akreditasi perpustakaan mengatakan bahwa kegiatan akreditasi ini dilaksanakan sesuai amanat Pasal 21 Undang-undang No. 43 tahun 2007  tentang perpustakaan yaitu melaksanakan: Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Sekolah, Perguruan Tinggi, Umum, Khusus dan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca.  Pelaksanaan akreditasi perpustakaan dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaaan masyarakat terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan yang bersangkutan. “Perpustakaan yang belum ada nilai akreditasinya bisa mengajukan kembali untuk penilaian, dan perpustakaan yang sudah terakreditasi B atau C bisa meningkatkan nilai akreditasinya dengan cara mengajukan penilaian akreditasi. Hendaknya ini dijadikan tolak ukur agar perpustakaan yang saudara kelola dapat meningkatkan kualitasnya. Ini juga dapat dijadikan kepada pimpinan tempat saudara bekerja tentang apa saja yang kurang di perpustakaan saudara,” Ujar Sudriwan Hamid.

Peserta yang antusias mendengarkan hasil penilaian Akreditasi Perpustakaan

Sementara itu, Drs. Bambang Supriyono Utomo, M.Lib-Asessor dan narasumber tentang akreditasi perpustakaan dari Perpustakaan Nasional menyampaikan kepada seluruh peserta yang mengikuti sosialisasi akreditasi ini untuk terus meningkatkan kualitas perpustakaannya.” Banyak sekali hal yang harus disiapkan, jangan berhenti sampai di sini, jangan mengeluh dan takut dengan nilai yang akan diperoleh. Bagi yang belum memenuhi standar nanti akan dilakukan pembinaan oleh tim dari provinsi maupun kabupaten, mari kita bersama meningkatkan kualitas literasi, kualitas perpustakaan di Indonesia, saya memberikan apresiasi yang sangat besar kepada seluruh peserta yang ikut pada kegiatan ini,”, Ujar Bambang saat memberikan pengarahan jelang penutupan acara.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Riau Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si menyampaikan apresiasinya kepada Tim Asessor dan seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini. Rahima juga berjanji akan membentuk tim untuk melakukan pembinaan kepada seluruh perpustakaan yang ada di Riau. ” Dalam waktu dekat kami akan membentuk tim pendampingan dan pembinaan untuk percepatan akreditasi perpustakaan yang ada di Riau. Nantinya, tim ini akan  membantu melakukan kroscek dan pendampingan sesuai instrumen akreditasi,”, Ujar Rahima. Rahima juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan sertifikasi pengelola perpustakaan. “tak hanya perpustakaannya saja yang akan berakreditasi, dalam waktu dekat pengelola perpustakaannya juga akan kita laksanakan sertifikasi, sehingga seluruh element perpustakaan di Riau akan memiliki sertifikat yang di akui.” tambahnya.(RA)