Peringatan Hari Kearsipan Nasional ke 49 Tahun 2020 Dihadiri Kadispersip Riau Secara Daring

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Pekanbaru, 18 Mei 2020

Tanggal 18 Mei 1971 merupakan hari yang sangat penting dan bersejarah bagi insan kearsipan nasional. Tanggal 18 Mei 1971  Undang-Undang Nomor 7 tahun 1971  Tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kearsipan ditandatangani, undang-undang yang merupakan momentum kebangkitan dunia kearsipan nasional. Dengan undang-undang tersebut kehadiran dan eksistensi kearsipan diakui oleh bangsa dan negara Republik Indonesia. Undang-undang tersebut telah meletakkan dasar dan memberikan arah dan pedoman bagi insan kearsipan dalam mengatur gerak dan langkah membangun kearsipan nasional.

Kini Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1971 Tentang Ketentuan Pokok-Pokok Kearsipan telah direvisi dan diganti menjadi  Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. Namun tanggal ditandatanganinya undang-undang nomor 7 tahun 1971 tersebut sejak tahun 2005 ditetapkan sebagai hari Kearsipan Nasional yang selalu diperingati setiap tahunnya sebagai momentum kebangkitan dunia Kearsipan Indonesia.

Sejatinya Puncak Peringatan #HariKearsipan Nasional ke-49 Tahun 2020 sudah ditetapkan untuk diadakan di Provinsi Riau, sehubungan dengan mewabahnya virus Covid 19 acara tersebut dibatalkan.  Seiring permasalahan tersebut Peringatan #HariKearsipan Nasional kali ini mengusung tema #ArsipAutentikuntukIndonesia. Peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-49 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena diperingati ketika seluruh pelosok negeri sedang dalam masa darurat kesehatan pandemi #COVID19.

Puncak peringatan acara dilaksanakan secara daring dalam rangkaian kegiatan Web Seminar #ArsipAutentikuntukIndonesia. Meskipun dilaksanakan secara daring, tetapi tidak mengurangi khidmat acara dan antusiasme publik untuk berpartisipasi memeriahkan #HariKearsipan Nasional ke-49.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dr. Hj. Rahima erna, M.si, dan Kabid Kearsipan Sri Mekka, M.Si beserta Fungsional Arsiparis Dipersip Riau mengikuti rangkaian acara tersebut secara Daring sekaligus berperan serta dengan memberikan ucapan selamat melalui rekaman audio visual yang turut ditayangkan pada acara dimaksud. Diwaktu bersamaan Peringatan Hari Kearsipan ini juga disiarkan live di RRI Pekanbaru, dikarenakan berturut-turut perayaan hari besar Perpustakaan dan Kearsipan, yaitu Hari Buku Nasional tanggal 17 Mei sekaligus Hari Ulangtahun ke 40 Perpustakaan Nasional RI.

 

#Selamat Hari Kearsipan ke 49 tahun 2020.

#”Arsip Autentik Untuk Indonesia”

#Ayo Sadar Tertib Arsip..

#Arsip Dari Kita !

#Oleh Kita !

#Untuk Kita !