PERPUSTAKAAN KELILING HADIR KEMBALI DIAREA CAR FREE DAY

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Pekanbaru- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Riau dalam upaya meningkatkan minat baca, Dispersip Provinsi Riau kembali menghadirkan kegiatan perputakaan keliling diarea Car Free Day (CFD) Pekanbaru, Ahad (19/6/2022).
Kepala Dispersip Riau, Hj Mimi Yuliani Nazir Apt MM mengatakan, ini kegiatan perdana yang kembali digelar setelah kegiatan CFD diizinkan kembali. Dalam kegiatan ini Dipersip Riau berkolaborasi dengan sejumlah komunitas literasi ataupun rumah baca di Pekanbaru.
“Ini Hari pertama kita melakukan kegiatan literasi di area Car Free Day setelah cukup lama tidak digelar, kita berharap ini bisa rutin kita gelar bersama para penggiat literasi,” ujarnya.
Mimi menegaskan, kegiatan di CFD ini adalah salah satu upaya yang dilakukan Dipersip Riau dalam upaya meningkat minat baca dan menulis khususnya di kalangan anak-anak.
“Melalui kegiatan ini kita berharap bisa memotivasi anak-anak gemar membaca, menulis, menggambar, di sini kita juga ada mendongeng, pustaka keliling, penampilan puisi dan lainnya,” ujar Mimi.
Selain berkolaborasi dengan para penggiat literasi khususnya di Pekanbaru, ke depannya, Mimi berharap Dispersip juga bisa berkolaborasi dengan banyak pihak dengan menggelar kegiatan yang bisa mendukung pertumbuhan minat baca masyarakat terkhusus anak-anak
Dia juga mengajak pelajar dan masyarakat Riau untuk datang dan membaca buku di Perpustakaan Soeman HS karena saat ini perpustakaan soeman hs sudah membuka layanan dengan sistem terbuka, dimulai dari Senin – Jumat, pukul 08.00 – 16.00 WIB.
Sementara itu, salah satu penggiat literasi, Siti Salmah, founder Salmah Creative Writing (SCW) menyambut baik adanya kegiatan literasi di CFD ini. Menurut dia, ini momen yang sangat bagus untuk bisa memberikan edukasi kepada masyarakat.
“Ini bagus sekali, apalagi akan rutin digelar setiap pekannya, dan saya juga apresiasi karena melibatkan para penggiat literasi di Riau,” ujarnya.
Dia berharap, ini juga bisa meningkatkan minat baca dan menulis di kalangan anak-anak khususnya, dan dengan sendirinya nanti bisa memperbaiki tingkat literasi di Riau.
Adapun sejumlah komunitas dan penggiat literasi yang terlibat dala kegiatan ini seperti Salmah Creative Writing, Teratak Literasi, rumah Baca Saslsabila, FTBM Riau, pendongeng cilik, pustakawan Dispersip Riau, Pendongeng cilik Resky Salsabilla, penulis cilik Riau “Bian Lio” dan pegiat literasi lainnya.