Perpustakaan Soeman Hs Luncurkan Program KLIK BISA

Pekanbaru, 15 September 2021

Dalam rangka hari kunjung perpustakaan dan bulan literasi 14 September 2021, Perpustakaan Soeman Hs (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau) berinovasi menyelenggarakan Pengembangan Layanan Perpustakaan Soeman Hs secara virtual yaitu Program KLIK BISA (Kolaborasi Literasi Kepustakawanan dan Bincang santai) mengangkat pembahasan 3 Tema besar yang berbeda, yaitu 1. DONGLINE (Dongeng Online) setiap hari Rabu, 2. Bimbingan Pemustaka dan Bincang Santai (BIMTAKA BISA) setiap hari Kamis, 3. Bilik Literasi Keluarga dan Keuangan (BILKEL) setiap hari Jumat. Program Klik Bisa ini dimaksudkan untuk menumbuhkan dan membudayakan minat baca masyarakat, transfer of knowledge and skill dari berbagai bidang ilmu pengetahuan, dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan sehingga tercapai SDM (sumber daya manusia) Literat, Bermartabat dan Sejahtera. Dan yang pasti dapat membantu meningkatkan jumlah kunjungan virtual pemustaka di perpustakaan masa pandemi covid 19 ini.

Program Klik Bisa akan diisi dengan kegiatan sebagai berikut:

  1. Sharing & Discussion tentang dunia Kepustakawanan, keunggulan inovasi masyarakat, Perpustakaan, Bercerita, minat baca, Transformasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial dan motivasi, dari Pustakawan, Dosen, Guru, Pegiat literasi, Inovator dan Tokoh-tokoh yang berkompeten dibidangnya baik lokal dan nasional. Serta ajang meningkatkan kreativitas dan inovatif dari semua unsur masyarakat dalam berliterasi;
  2. Bincang Santai tentang Literasi Kepustakawanan dan Informasi Pengetahuan umum lainnya.

Di lain sisi kegiatan ini diharapkan juga dapat mendorong peningkatan kinerja Pustakawan dan peran serta kolaborasi antara stakeholders terkait dan komunitas dalam melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa untuk mengisi kemerdekaan. Oleh Karena itu kegiatan KLIK BISA ini diselenggarakan dengan tema yang berbeda-beda tiap minggu nya. Program ini berkelanjutan sehingga tema yang dibahas tiap minggunya menyesuaikan dengan kondisi dan isu yang sedang berkembang dalam dunia Kepustakawanan dan informasi umum lainnya.

KLIK BISA inovasi Pustakawan layanan perpustakaan Soeman Hs yang merasakan dampak drastisnya tingkat kunjungan Pemustaka di Perpustakaan, untuk itu Pustakawan berusaha menghadirkan layanan e book I-Riau, I-Pusnas, dan Indonesia One Search di ruang media digital Perpustakaan dan dapat juga di download di aplikasi android dan PC. dan menyelenggarakan kegiatan webinar, JELITA yang hadir memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat yang hampir setiap hari bisa diikuti dengan tema yang berbeda-beda setiap harinya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si menyambut baik inovasi program KLIK BISA ini, beliau berharap dengan acara virtual ini Pustakawan dapat terus mentransfer of knowledge and skill yang dimiliki kepada masyarakat Riau dan masyarakat luas pada umumnya. KLIK BISA diresmikan oleh Kadispersip Riau Rabu 15 September 2021, secara virtual zoom meeting dalam hal ini diwakili oleh Pustakawan Madya Dipersip Herayulwita, M.Si.

Bersempena Hari Kunjung Perpustakaan diisi dengan kegiatan DONGLINE (Dongeng Online) dan Wisata Edukasi Live tour Perpustakaan Soeman Hs dengan menyuguhkan layanan tematik yang tersedia, seperti layanan Bilik Puan, Bilik COE, Bilik BI Corner, Bilik Melayu, Bilik Sastra, Bilik Media Digital, Bilik Layanan anak. Berkolaborasi dengan IPI Riau, Info Publik Riau, dan FTBM Riau acara ini berjalan dengan lancar.