Pimpin Rapat Koordinasi DIPERSIP Kab/Kota Se Riau, Percepatan Urusan Perpustakaan dan Kearsipan

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Pekanbaru, Rabu (26/1/22)

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau memimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi program urusan perpustakaan dan kearsipan. Rapat koordinasi bertempat di Aula Ismail Suko gedung A Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau. Dipimpin langsung oleh kepala dinas DIPERSIP Dra.Mimi Yuliani N,Apt,MM dan Sekretaris Agus Salim., M.Si. Dihadiri DIPERSIP 9 Kab/Kota se Riau, setelah pelaksanaan acara pembukaan Musyawarah Daerah IPI Riau dihari yang sama. Dalam kesempatan ini Mimi Yuliani Nazir memaparkan evaluasi pelaksanaan kegiatan tahun 2021, program kegiatan yang akan dijalankan Tahun 2022 dan Usulan Renstra 2023.

Selain moment untuk silaturahmi, rapat ini bertujuan untuk menyempurnakan Renja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tahun 2023, menajamkan target sasaran, program dan kegiatan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta pembahasan terkait isu-isu strategis urusan perpustakaan dan kearsipan dalam rangka Penyusunan Renstra 2023 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau. Banyak masukan dan saran dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab/Kota se Riau dalam pengembangan tata Kelola perpustakaan dan Kearsipan. Tujuannya untuk peningkatan indeks literasi masyarakat khususnya di Provinsi Riau, meningkatnya Akreditasi Perpustakaan, dan SDM yang tersertifikasi serta manajemen kearsipan yang baik.

Perpustakaan saat ini tidak hanya sebagai kolektor buku namun juga memegang fungsi transfer pengetahuan dan pusat aktifitas masyarakat, sesuai dengan Undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan. Maka seluruh stakeholder diharapkan aktif dalam partisipasi meningkatkan indeks literasi masyarakat yang sayangnya selama pandemi ini sedikit terabaikan, tutur Mimi.

Untuk itu “PR” bagi kita semua bagaimana meningkatkan indeks literasi masyarakat, pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial hingga bisa mencapai tujuan bersama yakni masyarakat yang kreatif dan inovatif pada suatu saat nanti, harap Mimi.

Dipenghujung Rapat Mimi berpesan pentingnya Konsolidasi dan koordinasi antarpemangku kepentingan baik di bidang Perpustakaan maupun Kearsipan secara intens dilakukan dalam Rapat Koordinasi. Jadi perpustakaan sebagai leading sector dalam peningkatan literasi, inovasi, dan kreativitas yang bisa mewujudkan masyarakat berpengetahuan dan berkarakter.

Harapan yang sama disambut baik oleh semua kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kab/kota se Riau yang hadir dan mendukung sepenuhnya harapan Kadispersip Riau dalam tata Kelola manajemen Perpustakaan dan Kearsipan yang lebih baik kedepannya.

 

Penulis: Pustakawan Muda (Delviana Fransiska., M.I.Kom)