PROGRAM LAYANAN PERPUSTAKAAN SOEMAN HS SELAMA PANDEMI COVID-19

Pekanbaru- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau ditengah pandemi ini melakukan layanan dengan sistem tertutup. Dimana pengunjung yang datang bisa mencari buku melalui OPAC (Online Acses Public Catalogue) yang mana selanjutnya diserahkan kepada petugas untuk dicarikan. Dan bersempena hari kunjung perpustakaan dan bulan literasi yang jatuh pada tanggal 14 september 2021, Perpustakaan Soeman HS ( Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau) berinovasi melaunching layanan digital yang bersifat virtual yaitu Program KLIK BISA (Kolaborasi Literasi Kepustakawanan dan Bincang santai) mengangkat pembahasan 3 Tema besar yang berbeda, yaitu  DONGLINE (Dongeng Online) setiap hari Rabu,  Bimbingan Pemustaka dan Bincang Santai (BIMTAKA BISA) setiap hari Kamis, Bilik Literasi Keluarga dan Keuangan (BILKEL) setiap hari Jumat.

Pada launching pertama program tersebut menampilkan library tour yang diselingi dengan dongeng online. Library tour itu sendiri menampilkan keadaan perpustakaan selama pandemi dan tata cara berkunjung keperpustakaan. Program Klik Bisa ini dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan minat baca masyarakat, transfer of knowledge and skill dari berbagai bidang ilmu pengetahuan, dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan sehingga tercapai SDM (sumber daya manusia) Literat, Bermartabat dan Sejahtera.

Dan yang pasti dapat membantu meningkatkan jumlah kunjungan virtual pemustaka di perpustakaan masa pandemi covid 19 ini. Program Klik Bisa akan diisi dengan kegiatan sebagai berikut Sharing & Discussion tentang dunia Kepustakawanan, keunggulan inovasi masyarakat, Perpustakaan, Bercerita, minat baca, Transformasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial dan motivasi, dari Pustakawan, Dosen, Guru, Pegiat literasi, Inovator dan Tokoh-tokoh yang berkompeten dibidangnya baik lokal dan nasional. Serta ajang meningkatkan kreativitas dan inovatif dari semua unsur masyarakat dalam berliterasi; serta Bincang Santai tentang Literasi Kepustakawanan dan Informasi Pengetahuan umum lainnya.

Di lain sisi kegiatan ini diharapkan juga dapat mendorong peningkatan kinerja Pustakawan dan peran serta kolaborasi antara stakeholders terkait dan komunitas dalam melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa untuk mengisi kemerdekaan. Oleh Karena itu kegiatan KLIK BISA ini diselenggarakan dengan tema yang berbeda-beda tiap minggu nya. Program ini berkelanjutan sehingga tema yang dibahas tiap minggunya menyesuaikan dengan kondisi dan isu yang sedang berkembang dalam dunia Kepustakawanan dan informasi umum lainnya.

KLIK BISA inovasi Pustakawan layanan perpustakaan Soeman Hs yang merasakan dampak drastisnya tingkat kunjungan Pemustaka di Perpustakaan, untuk itu Pustakawan berusaha menghadirkan layanan e book I-Riau, I-Pusnas, dan Indonesia One Search di ruang media digital Perpustakaan dan dapat juga di download di aplikasi android dan PC.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si menyambut baik inovasi program KLIK BISA ini, beliau berharap dengan acara virtual ini Pustakawan dapat terus mentransfer of knowledge and skill yang dimiliki kepada masyarakat Riau dan masyarakat luas pada umumnya. KLIK BISA diresmikan oleh Kadispersip Riau Rabu 15 September 2021, secara virtual zoom meeting dalam hal ini diwakili oleh Pustakawan Madya Dipersip Herayulwita, M.Si.

Sebelum KLIK BISA, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau juga mempunyai JELITA yang bekerja sama dengan beberapa OPD yang ada di Provinsi Riau. Yang programnya hampir sama dengan KLIK BISA.  Cuma yang membedakan kalau jelita membahas secara terperinci dengan pembicara langsung dari ahlinya, berbeda dengan KLIK BISA yang membahas secara umum dan yang menjadi pembicara juga pustakawan langsung. Selain itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga menyelenggarakan kegiatan webinar. Dengan launching program baru ini besar harapan masyarakat untuk Perpustakaan Soeman HS membuka layanan dengan sistem terbuka. Sehingga masyarakat tidak hanya mendapatkan infomasi secara virtual aja, tetapi juga bisa melihat secara langsung.