Raih 6 Terbaik Penghargaan Pengawasan Kearsipan Provinsi Riau “Memuaskan” Tahun 2020

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Pekanbaru, 20 April 2021

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Jakarta melaksanakan Rapat Koordinasi Program Kerja Pengawasan Kearsipan Tahunan (PKPKT) Tahun 2021 dan Sosialisasi Instrumen Pengawasan Kearsipan secara virtual Selasa, 20 April 2021 pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Acara dibuka oleh Plt Kepala ANRI Dr. M. Taufik., M.Si. Diikuti oleh Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan seluruh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi, Kabupaten dan Kota se Indonesia, Pejabat Fungsional Arsiparis melalui zoom meeting.

Dalam acara ini Plt Kepala ANRI sekaligus mengumumkan hasil pengawasan kearsipan Tahun 2020.

Pemerintah Daerah Provinsi Riau meraih penghargaan 6 Terbaik “Pemerintah Daerah Provinsi” kategori “Memuaskan” dengan nilai 80,57 dalam penilaian terhadap hasil pengawasan kearsipan di Kementerian lembaga dan pemerintah daerah tahun 2020 dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Riau naik satu posisi yang tahun sebelumnya 2019 meraih predikat Baik. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 30 Tahun 2018 Tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah, pengawasan kearsipan menjadi salah satu indikator penilaian ANRI dalam evaluasi reformasi birokrasi.

Dengan diumumkannya penghargaan ini menunjukkan bahwa pemerintah provinsi Riau telah mampu menerapkan prinsip-prinsip dan kaidah dalam pengelolaan arsip baik itu arsip dinamis maupun arsip statis yang sesuai dengan norma standar prosedur dan kriteria serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si turut hadir secara virtual di ruang kerjanya di Dinas Perpustakaan dan Keasripan Provinsi Riau. Dalam acara virtual ini juga dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kota se Riau, Kepala Bidang Kearsipan dan Fungsional Arsiparis se Provinsi Riau. Kedepannya Pengelolaan arsip ini masih terus kita benahi, kita tidak berpuas diri dengan kategori memuaskan karena masih ada kategori yang lebih dari memuaskan yaitu sangat memuaskan, harap Rahima. Selamat, ini hasil kerja keras kita semua.

 

 

(ditulis oleh: Delviana Fransiska, M.I.Kom)