Kegiatan Stock Opname Yang Menjadi Perhatian Kepala DIPERSIP

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Pekanbaru- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau memasuki hari kedelapan kegiatan stock opname baru 6 persen judul buku yang baru diinput. Persentase tersebut belum termasuk dengan buku rusak, buku yang tidak ada barcode dan buku yang tidak terdata.

Kegiatan yang mengacu pada PERKA perpustakaan Nasional RI No. 14 Tahun 2017 yang mana koleksi yang dimiliki perpustakaan agar diketahui jumlah koleksi. Pada hari ketujuh dari hasil laporan harian Kepala seksi Otomasi, Preservasi, Kerjasama dan Jaringan Perpustakaan didapat hasil jumlah buku yang dimasukkan ke dalam aplikasi SLIMS sebanyak 36.324 eksemplar.

Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM (KADISPERSIP) beserta Agus Salim,S.Sos,M.Si (SEKDIPERSIP) setelah meninjau dan tanpa langsung kegiatan ini, ada beberapa hal yang menarik perhatian seperti buku-buku yang kurang update dan banyak buku yang rusak . Sehingga banyak waktu pencarian di OPAC (Online Accses Public Catalogue) bukunya ada tapi waktu pencarian buku dirak ternyata tidak ada.

Dari hasil dilapangan terdapat laporan banyak buku rusak baik itu rusak berat maupun rusak ringan. Kalau untuk kerusakan ringan akan kita perbaiki pada saat kegiatan stock opname berlangsung tetapi jika rusak berat kita cek dulu bukunya apa masih bisa diperbaiki. Karena yang terpenting tidak mempengaruhi isi informasi suatu buku, ujar KADISPERSIP.