WORKSHOP SIKN DAN JIKN SE PROVINSI RIAU

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi RiauDr. Hj. Rahima Erna., M.Si hadiri  acara workshop SIKN dan JIKN se Provinsi Riau.  Sebanyak 30 orang dari Dinas Kearsipan Provinsi, Kabupaten/Kota  se Provinsi Riau dan Universitas Riau mengikuti Workshop Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) yang dilaksanakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) tanggal 03-04 Juli 2019 di Hotel Batiqa Pekanbaru, Provinsi Riau.

Workshop dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat ANRI M. Imam Mulyantono. Acara tersebut menghadirkan Keynote Speaker Dr. Mustari Irawan, MPA Kepala ANRI periode 2014-2019 dan Nara Sumber dari Pusat Sistem dan JIKN ANRI.

Imam Mulyantono menyampaikan bahwa penyelenggaraan SIKN dan JIKN merupakan amanat UU No. 43 Thn 2009 tentang Kearsipan untuk memberikan informasi yang autentik dan utuh dalam mewujudkan arsip sebagai tulang punggung manajemen penyelenggaraan negara, memori kolektif bangsa, dan simpul pemersatu bangsa dalam kerangka NKRI. Selain itu, JIKN berfungsi untuk meningkatkan layanan akses arsip kepada masyarakat.

Dalam laporan panitia penyelenggara yang disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Simpul Jaringan, Arih Murwati mengemukakan bahwa kegiatan workshop ini bertujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien, melalui penyediaan informasi kearsipan secara online.

Pada kesempatan ini, peserta melakukan uji coba menggunakan SIKN dan JIKN serta melaksanakan diskusi berkenaan dengan penggunaan SIKN dan JIKN.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kersipan Provinsi Riau Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si. menyambut baik acara ini dan berterima kasih kepada ANRI yang telah memberikan kesempatan kepada Lembaga Kearsipan se Provinsi Riau termasuk Universitas Riau untuk mengikuti workshop dimaksud. Kepala Dinas sejalan dengan Keynote Speaker berharap dengan implementasi SIKN dan JIKN mendukung terselenggaranya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Menjelang acara dilaksanakan Rombongan dari ANRI didampingi Kepala Bidang Pembinaan dan Pelayanan Arsip Sri Mekka, S.H., M.Si, serta Kepala Bidang Akuisisi dan Penyimpanan Arsip Candra Dewi, S.H. berkesempatan mengunjungi Istana Siak untuk melihat secara langsung kondisi arsip Kesultanan. Pada Kamis, 04 Juli 2019 Kepala ANRI Periode 2014 s/d 2019 beserta kabiro Perencanaan dan Humas ANRI didampingi Kabid Pembinaan dan Pelayanan Arsip Dispersip melakukan kunjungan Kerja Ke Universitas Riau. Pada kunjungan tersebut disambut oleh Rektor UNRI bapak Prof Mulyadi Arasy, Pejabat pada rektorat serta para Dekan di lingkungan UNRI. Menindaklanjuti kunjungan tersebut diharapkan ada MOU untuk Pembinaan Kearsipan antara ANRI dengan UNRI serta menjadikan UNRI menjadi pilot project untuk pelaksanaan e-arsip.