Wujudkan Tata Kelola Arsip Dinamis di Lingkungan Pemerintahan Kab.Meranti, Dipersip Meranti Taja Bimtek Pengelolaan Arsip

KEPULAUAN MERANTI(dipersip.riau.go.id)-Plt. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Asmar membuka dengan resmi kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis di lingkungan Perangkat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti yang ditaja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Meranti yang berlangsung pada (16/06/2023) di gedung Afifah Selat Panjang.

Dalam kesempatan ini H.Asmar mengingatkan kepada seluruh Kepala OPD dan peserta Bimtek yang hadir agar memperhatikan keautentikan dalam penciptaaan arsip sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Plt. Bupati ini juga menginstruksikan kepada Kepala Inspektorat Kabupaten Kepulauan Meranti agar memantau penyerahan arsip dari OPD ke Lembaga Kearsipan sesuai jenis arsip yang dipersyaratkan untuk dikelola oleh Lembaga Kearsipan Daerah.


Turut memberikan Sambutan dan pengarahan pada acara Bimtek Pengelolaan Arsip Dinamis ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau (Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM) yang menekankan pada proses pengelolaan arsip di unit pencipta arsip yang harus didukung dengan kompetensi SDM Kearsipan baik fungsional Arsiparis maupun pengelola arsip serta sarana kearsipan yang memadai harus dimiliki oleh OPD, oleh karenanya dibutuhkan perhatian dari pimpinan OPD sehingga pengelolaan arsip dapat berjalan dengan baik.


Narasumber pada Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis ini disampaikan oleh Arsiparis Madya dari DIPERSIP Provinsi Riau Ramli Arsyad, SE., ME yang memberikan materi berkaitan dengan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis, Peraturan dan Aspek Hukum Kearsipan dan penerapan NSPK regulasi bidang kearsipan dalam bentuk Peraturan Bupati Kepulauan Meranti serta proses penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Substantif.

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh kasubag Umum maupun pengelola arsip pada Perangkat Daerah baik Dinas, Badan dan Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan dipandu oleh Kepala Bidang Kearsipan DISPERSIP Kabupaten Kepulauan Meranti Adi Herman, S.Pd.

Sumber: Ramli Arsyad(Arsiparis Ahli Madya)

Editor: Delviana Fransiska