Abstrak: alaysia Negara Tetangga Kita Dalam Asean

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Judul                      : Malaysia Negara Tetangga Kita Dalam Asean

Pengarang              : Syahbuddin Mangandaralam

Edisi/Cet                : 1

Kota Terbit             : Bandung

Penerbit                 : PT Remaja Rosdakarya

Tahun Terbit           : 1993

Kolasi                     : xxiv 98 hlm, ilus  : 15 x 22 cm

ISBN                      : 979-514-321-2

No Klas                  : 959.5 Men p

 

IKHTIAR/URAIAN SINGKAT :

Dalam peta bumi,  negara Malaysia terletak di jantung Asia Tenggara,  diatas dua wilayah daratan terpisah yang berdekatan dengan garis khatulistiwa, antara 10 dan 70  Lintang Utara dan 1000 dan 1190 Bujur Timur.

Wilayah barat Malaysia berada di atas wilayah daratan yang dahulu dikenal sebagai Semenanjung Tanah Melayu (Jazirah Malaya) yang berbentuk bulan sabit, sedangkan wilayah timurnya berada di bagian utara Pulau Kalimantan, yang dikenal sebagai wilayah Serawak yang di sebelah barat laut, dan Sabah di sebelah utara.

Batas-batas kedua wilayah daratan yang dipisahkan oleh Laut Cina Selatan itu dapat dikemukakan sebagai berikut : wilayah Malaysia Barat (Jazirah Malaya) sebelah utara berbatasan dengan wilayah Thailand atau Muangthai sebelah selatan berbatasan dengan Republik Singapore sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka sebelah timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Wilayah Malaysia Timur sebalah utara dan barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan, sebelah timur laut berbatasan dengan Laut Sulu yang memisahkannya dengan Republik Filipina, sebelah selatan berbatasan dengan wilayah Republik Indonesia. Wilayah dari kedua wilayah daratan Malaysia dipengaruhi oleh iklim tropis yang hanya mengenal dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan juga mempengaruhi iklim kedua wilayah Malaysia dengan pembagian dua keadaan iklim yang dikenal sebagai musim barat daya dan musim timur laut, terutama yang berhubungan dengan embusan angin dari kedua wilayah lautan tersebut. Sebelum terbentuknyab negara Malaysia pada tahun 1963, di Jazirah Malaya telah berdiri beberapa negara kecil berbentuk kesultanan. Mereka bergabung dalam “Persekutuan Tanah Melayu” yang berada di bawah kekuasaan Inggris. Adapun wilayah Sabah dan Serawak di utara Pulau Kalimantan merupakan dua daerah yang langsung diperintah oleh Inggris. ASEAN adalah singkatan dari Association of South East Asian Nations atau himpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara. ASEAN merupakan sebuah organisasi regional yang bertujuan untuk menggalang kerja sama yang saling menguntungkan di kawasan Asia Tenggara.