Abstrak: Mendidik Sejak dari Kandungan Hingga Dewasa

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Judul                           :  Mendidik Sejak dari Kandungan Hingga Dewasa

Pengarang                   :  Inayat Khan

Edisi/ cetakan              :  I

Kota Terbit                  :  Bandung

Penerbit                       :  Marja

TahunTerbit                 :  2007

Kolasi                          :  166 hlm.; 18 cm.

ISBN                           :  979-9482-70-4

No.panggil                  :  155.418

 

Abstrak

Tidak pernah ada kata terlalu dini dalam kehidupan seorang anak untuk menerima pandidikan. Jiwa seorang anak berusia 0-2 tahun bagaikan sebuah plat fotografik yang belum pernah dibuka, dan apa pun impresi yang mengenai plat fotografik itu akan selalu melekat; tidak ada impresi-impresi lain yang datang kemudian bisa menimbulkan efek yang sama. Sifat yang diwarisi anak dari orang tuanya juga berada dalam keadaan negatif yang sama; dan sifat-sifat itu disempurnakan setelah si anak lahir. Syarat utama dalam melatih atau melatih anak, pertama sekali adalah harus bisa bersahabat dengannya.

Ada lima subyek berbeda yang harus diajarkan pada anak di tahun pertama, yaitu disiplin, keseimbangan, konsentrasi, etika dan relaksasi. Bentakan bukanlah cara terbaik untuk mengajarkan disiplin pada anak. Sifat-sifat dan karakter anak dipengaruhi oleh makanannya. Seorang anak ditakdirkan untuk menerima kualitas dari ibunya, dalam bentuk makanan ( Air Susu Ibu).

Kebebasan berarti dapat memenuhi kebutuhan sendiri, dapat berdiri sendiri, apa yang bisa didapatkan dari diri sendiri tidak boleh didapat dari luar. Hukuman untuk anak harus lembut. Kita lebih baik menghindari hukuman yang keras, tapi beri anak sedikit hukuman secara mental, yang membuat ia sadar bahwa ia sedang dihukum. Hukuman yang diberikan kepada anak yang sedang marah tidak akan menghasilkan apa pun. Ini pekerjaan sia-sia.

Usia antara tigabelas, empatbelas, dan limabelas tahun adalah saat masa anak-anak berakhir, inilah masa remaja. Anak pada masa ini harus ditangani dengan sangat hati-hati. Pada saat ini pikiran anak mulai terbentuk dan disinilah pondasi pikiran anak terbentuk. Akan lebih bijaksana bagi para orang Tua/ Wali jika Ia mengurangi genggaman kuat mereka pada saat anak itu tumbuh menjadi seorang pemuda. Pendidikan untuk anak-anak harus dipertimbangkan dari lima sudut pandang yang berbeda: fisik, mental, moral, sosial dan spiritual. Jika satu sisi berkembang dan sisi lainnya tidak, secara alami akan menunjukkan beberapa kekurangan dalam perkembangannya. Ketulusan hati harus ditanamkan kepada anak muda, karena ini penting dalam kehidupan dan juga bagi mereka.