Abstrak: Temukan Cara Cerdas Mengembangkan Anak Unggul

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Judul                           : Mencetak anak unggul : Temukan cara cerdas mengembangkan

Anak unggul berkarakter dengan segala potensi & bakatnya

Pengarang                   : Iskandar Junaidi

Edisi/ cetakan              :1

Kota Terbit                  : Jogyakarta

Penerbit                       : Andi Offset

TahunTerbit                 : 2011

Kolasi                          : xxiv, 200 hlm.; 18 cm.

ISBN                           : 978-979-29-2752-8

No.panggil                  : 155.4

 

Absrtak

 

Orang tua manakah yang tak ingin anak-anaknya tumbuh menjdi orang yang berhasil dan berguna bagi semu ?.

Hampir setiap orang tentu berharap suatu saat nanti, dirinya, anak, atau keluarganya kelak menjdi orsang yang sukses, berprestasi, dan berguna bagi sesama, yang diperluka adalah keteguhan hati dan niat kuat. Untuk mewujudkan impian itu dibutuhkan pemahaman yang benar terhadap apa pun yang mendukung, termasuk perlakuan dan cara mendidik yang tepat supaya potensi anak dapat muncul maksimal.

Tidak mudah memang mencetak anak yang unggul dan tangguh, diperlukan kerja keras dengan ketekunan yang luar biasa, baik dari anak maupun orang tua atau pendidiknya.

Sejak dini anak-anak harus diberikan stimulasi positif secara sadar maupun tidak sadar oleh orangtua atau orang sekitarnya. Jika kita ingin melihat anak tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Komunikasi yang baik merupakan sarana bagi komunikasi yang efektif, yang manfaatnya sangat besar, yang memungkinkan menghasilkan pemimpin-pemimpin. Bahasa adalah alat komunikasi manusia di bumi ini, tidak terkecuali bagi anak. Semakin banyak rangsangan yang ia diterima akan semakin tebal goresan sinopsis otak dan ini akan membentuk karakter anak dalam cara ia berbicara kelak.

Karakter atau kepribadian (personality) adalah sifat atau perilaku dasar khas seseorang dalam keseharian hidupnya yang secara otomatis ia lakukan atau merespons terhadap suatu kejadian  atau keadaan.

Perkembangan kecerdasan emosional (emotional quetiet) anak yang bagus, akan berdampak besar pada pertumbuhan kecerdasan otak (intelligence quotient) anak.

Hal yang terpenting, bukannya apa yang kita miliki, tapi apa yang kita lakukan dengan yang kita miliki. Dalam hal ini orangtua harus mau memberikan kebebasan pada anak-anaknya untuk memilih bidang atau kegiatan apa yang disukainya sehingga anak dapat mengembangkan bakatnya dalam bidang itu.