Pentingnya Mengedukasi Mahasiswa dan Masyarakat untuk Mengetahui LITERASI HUKUM


Pekanbaru – Tim Pengabdian Masyarakat Kukerta Universitas Riau ( UNRI ) 2021 Kelurahan Jadirejo, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru turut serta melakukan kegiatan sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan ini diambil untuk membatasi kegiatan masyarakat terutama untuk mengurangi. Dengan harapan, kebijakan ini bisa menekan jumlah penularan Covid-19.
Pihak yang terlibat dalam sosialisasi PPKM ini adalah Mahasiswa Kukerta UNRI 2021, dimana disini lurah, babinsa dan bhabinkamtibnas beserta jajarannya mengedukasi mahasiswa tersebut untuk tau peraturan pemerintah serta tata caranya. Tidak hanya itu disini juga mereka melakukan literasi hukum yang berkaitan dengan peraturan PPKM.Yang mana selanjutnya mereka akan dilibatkan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat.
Setelah mahasiswa tersebut diberikan pengarahan mereka ikut turun untuk sosialisasi masyarakat sebanyak 4 kali. Kegiatan sosialisasi PPKM tahap pertama berlangsung di rumah makan sekitar Kelurahan Jadirejo, Pada tahap kedua, Sosialisasi dilakukan di Masjid – Masjid Sekitar Kelurahan Jadirejo,Selanjutnya pada tahap sosialisasi empat dilakukan di beberapa tempat, yaitu Masjid Ar-Rahim, Masjid Fastabiqul Khairat, Masjid Al – Khairat, Rumah Makan Sederhana.
Sosialisasi PPKM dilakukan untuk peringatan bagi masyarakat Jadirejo agar patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dengan harapan menekan dapat menjadi prasyarat utama keberhasilan penanganan Covid – 19. “Semoga dengan pemberlakuan PPKM ini dapat mengurangi kasus Covid-19 yang ada di kelurahan Jadirejo, Pekanbaru.” Ketua Kukerta Jadirejo UNRI 2021.
Dari kegiatan mahasiswa ini perustakaan dianggap perlu untuk membantu mensosialisasikan akan peraturan dan dampak apa yang akan terjadi jika kita melanggar Karena perpustakaan merupakan jendela informasi sesuai dengan fungsi Dan perpustakaan dianggap perlu untuk mengulas literasi yang berkaitan dengan PPKM, sehingga masyarakat mengerti maksud dan tujuan mengapa PPKM ini diberlakukan.