Siswi Asal Dumai Meraih Juara Pertama Dalam Lomba Bertutur Tingkat SD/MI Se Provinsi Riau

Pekanbaru, 6 Juni 2021. Dinas perpustakaan dan kearsipan Provinsi Riau mengadakan lomba bertutur bagi siswa/siswi SD/MI negeri/Swasta tingkat Provinsi. Lomba dilaksanakan di ruangan bedah buku lantai 3 Perpustakaan Soeman hs. Dibuka secara virtual oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau. Lomba pun dilaporkan oleh sdr Hj.Herayulwita M.Si sebagai ketua acara. Lomba diikuti oleh 10 peserta dari beberapa kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau. Lomba ini pun bertujuan menumbuh kembangkan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap budaya. Selain itu lomba ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit yang akan menjadi panutan dalam menjalan kebiasaan gemar membaca.

Disini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau melibatkan tim juri dari dewan kesenian riau, komunitas kita dongeng dan Konsultan pendidikan anak.

Pengumuman lomba langsung dibacakan oleh juri begitu acara selesai disore hari. Dan hasil nya juri menetapkan Siswi Sekolah Dasar (SD) asal Kota Dumai, Silvia Amitasya berhasil meraih juara pertama dalam lomba bertutur tingkat SD/MI negeri atau swasta sederajat se-Provinsi Riau yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Riau.
Peringkat kedua diraih oleh Husnul Fatimah dari Kabupaten Siak, kemudian disusul oleh Aqila Devitra Sakhi dari Kabupaten Kampar. Selanjutnya juara harapan yang diraih oleh Encik Muhammad Hadirul Muqaffi dari Kabupaten Indragiri Hilir dan juara harapan II yang diraih oleh Ajeng Firanica Ismapalupi dari Kabupaten Rokan Hulu.Kemudian juara harapan III diraih oleh Nabila Kholiyatul Ulya dari Kabupaten Bengkalis,” kata juri lomba bertutur tingkat SD se-Riau Siti Salmah, Selasa (6/7/21).

Juri menuturkan, keputusan pemenangan ini berdasarkan surat keputusan Kadispersip Riau Nomor: 188/ Dispersip/2/22 tentang ide-ide tim juri lomba bertutur bagi siswa SD/MI tingkat se Provinsi Riau tahun 2021.

Besar harapan para juri para pemenang lomba ini dapat terus mempertahankan prestasinya dan meningkatkan kemampuannya dalam bertutur dan bercerita serta dapat mengembangkan cerita dan budaya di daerah.

Selanjutnya, peserta yang berhasil meraih peringkat pertama ini akan mewakili Provinsi Riau dalam lomba bertutur tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional.

“Selamat kepada para pemenang, keputusan dewan juri ini tidak dapat diganggu gugat sejak keputusan yang ditetapkannya,” tutupnya.