Dipersip Riau Fasilitasi Bimtek Tatakelola Perpustakaan se-Kota Pekanbaru

Peserta Bimtek Tatakelola Perpustakaan se-Kota Pekanbaru

Pekanbaru– Rabu (22/05/2019) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Provinsi Riau, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, dan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Riau bekerjasama laksanakan bimtek tatakelola perpustakaan se-Kota Pekanbaru. Bimtek ini berlasung di Gedung Perpustakaan Soeman Hs tepatnya di Auditorium Ismail Suko. Ada 83 peserta dari  berbagai pengelola perpustakaan di Kota Pekanbaru. Bimtek yang dilaksanakan pada bulan puasa ini di buka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsis Riau, Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si. sekaligus penandatangan kerjasama antara IPI Riau dan Dipusip Pekanbaru.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama IPI Riau dan Dipusip Kota Pekanbaru

Ketua IPI Riau Sekaligus Kepala Dipersip Riau, Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si bersama Kepala Dipusip Kota Pekanbaru

 

‘’ Tugas kita semua untuk meningkatkan kwalitas minat baca masyarakat. Khususnya perpustakaan sekolah, harus segera di tingkatkan. Tahun 2019 ini, Perpustakaan Nasional menargetkan 30 perpustakaan yang akan di akreditasi di Riau. Jadi mari kita bersama untuk dapat merealisasikanya.”, Ujar Rahima.

Pengarahan kepada peserta Bimtek oleh Kepala Dipersip Riau dan Kepala Dipusip Kota Pekanbaru

Bimtek pengelolaan perpustakaan kali ini meberikan materi yang berbeda dari sebelumnya. Biasanya, materi yang diajarkan adalah tentang pengetahuan dasar bagaimana tatakelola perpustakaan, mulai dari pengolahan koleksi hingga bentuk layanan perpustakaan. kali ini materi yang diajarkan adalah bagaimana meningkatkan kwalitas perpustakaan agar tercapainya target akreditasi yang diinginkan. Selain itu, peserta bimtek juga diajarkan bagaimana cara pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Bagaimana perpustakaan mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.