Dipersip Riau Ikuti Lomba Inovasi Tatanan Normal Baru Kemendagri Tahun 2020

https://tuxedovation.inovasi.litbang.kemendagri.go.id/detail_inovasi/11253

Pekanbaru, 19 Juni 2020

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau mengikuti lomba inovasi daerah dalam penyiapan dan rencana pelaksanaan tatanan normal baru produktif dan aman Covid -19 yang diselenggarakan oleh Kementrian Dalam Negeri.

Adapun latar belakang inovasi ini dari Kemendagri sebagai berikut:
1. Pandemi Covid – 19 belum dapat dipastikan kapan akan berakhir.

2. Pandemi Covid – 19 telah mengubah tatanan sosial dan ekonomi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

3. Pemerintah pusat dan daerah harus bangkit bersama menciptakan iklim yang kondusif.

4. Penanganan pandemi Covid – 19 menjadi sarana bagi pemerintah daerah untuk melakukan inovasi dalam menekan penularan dan menangani penyebaran Covid – 19 .

5. Rencana pelaksanaan new normal life membutuhkan koordinasi, kolaborasi, dan kerjasama pemerintah, pemerintah daerah dan stakeh older.

6. Dalam rangka mendorong inovasi dan kreatifitas pemerintah daerah menghadapi n e w n o r m al life pada situasi pandemi Covid – 19 , diadakan lomba inovasi tatanan normal baru produktif dan aman Covid – 19 .

    Serta maksud dan tujuan Penyelenggaraan lomba inovasi untuk mendorong daerah menciptakan dan menerapkan model inovasi dalam rangka pelaksanaan tatanan hidup normal baru, produktif dan aman Covid – 19 . Tujuan penyelenggaraan lomba sebagai berikut: 1. Mendorong gerakan nasional pelaksanaan protokol Covid19. 2. Membangun kehidupan masyarakat kembali produktif. 3. Membangun kembali kehidupan ekonomi dan aktivitas bisnis. 4. Menyiapkan pra kondisi penerapan protokol kesehatan Covid – 19 secara masif oleh pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. 5. Menciptakan situasi kondusif di lapangan dengan penerapan new normal life. 6. Memperoleh model protokol Covid – 19 . 7. Pencegahan penyebaran Covid – 19 melalui protokol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah daerah.

Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan membuat inovasi baru dengan Dongeng Online kepada anak-anak. Cerita yang dibawakan bertemakan Islami, cerita rakyat Melayu dan cerita anak yang menghibur. Judul inovasi yang kita angkat yaitu  WISATA LITERASI SOEMAN HS MELALUI DONGENG ONLINE (DONGLINE) SEBAGAI INOVASI, KREATIVITAS PUSTAKAWAN SAAT WABAH COVID-19 DAN NEW NORMAL.

Tujuan inovasi ini Untuk memperkenalkan perpustakaan salah satu tempat wisata literasi melalui dongeng online sebagai  inovasi dan kreativitas pustakawan saat wabah covid-19 dan new normal dan Untuk memperkenalkan pemanfaatan perpustakaan sebagai pusat kreativitas masyarakat yang berbasis inklusi sosial.

Manfaat Inovasi Dongline ini adalah:

1.   Meningkatkan Imajinasi Anak

2.    Mengembangkan Kecerdasan Anak

3.    Memberikan Edukasi Melalui Media Online

4.    Membentuk Karakter

5.    Menumbuhkan Minat dan budaya Baca

6.    Menyampaikan Pesan Moral Budaya Religius

7.    Membangun Kreativitas Anak

8.    Memperkenalkan cerita anak daerah Melayu (konten lokal)

Tonton dan Dukung Video “LOMBA INOVASI DAERAH” PROVINSI RIAU, khususnya DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN dalam Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19 Yang Diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

Dengan klik link berikut ini:
WISATA LITERASI SOEMAN HS MELALUI DONGENG ONLINE (DONGLINE) SEBAGAI INOVASI KREATIVITAS PUSTAKAWAN SAAT WABAH COVID-19 DAN NEW NORMAL
link: https://tuxedovation.inovasi.litbang.kemendagri.go.id/detail_inovasi/11253

Terimakasih.