PERPUSTAKAAN SOEMAN HS DIKUNJUNGGI SEKOLAH-SEKOLAH DI PEKANBARU MAUPUN DI LUAR PEKANBARU

Laporan Dahrial Iskandar, S.IP

Pustakawan Muda Perpustakaan Soeman Hs

 

 

Lebel yang disandang perpustakaan Soeman Hs sebagai yang terbaik di  se- ASEAN menjadi perpustakaan kebanggaan masyarakat Riau tersebut mandapat banyak kunjungan dari sekolah-sekolah yang ada di Pekanbaru maupun di luar pekanbaru. Salah satunya dari sekolah dasar negeri 3 Pekanbaru, aekolah dasar negeri 009 Kijang Jaya Tapung dan MTs Kijang Jaya Tapung, Sabtu (30/03). Kunjungan tersebut disambut Pustakawan Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPERSIP) Provinsi Riau Dahrial Iskandar.

“Dengan prestasi tersebut, guru-guru dan siswa 200 anggotanya tertarik dan ingin melihat secara langsung Perpustakaan Soeman Hs. Tadinya para tamu diajak berkeliling untuk melihat ruangan dan koleksi-koleksi serta serana yang ada di perpustakaan,” kata Dahrial Iskandar.

Dalam kunjungan tersebut, pihaknya juga memberikan sejarah berdirinya perpustakaan dan beberapa informasi bahwasanya Perpustakaan Soeman Hs telah ditunjuk sebagai center of exelent di Sumatra. Di mana pusat lokal konteng kebudayaan ada di Provinsi Riau. Untuk itu di perpustakaan ditambahkan bilik Melayu Tenas Efendi yang memamerkan foto-foto sastrawan Riau.

“Kami juga ajak siswa berkeliling, mereka kagum dan memuji perpustakaan kita ini. Kemudian mereka juga kami berikan dongeng kepada sekolah dasar negeri 3 Pekanbaru di ruangan anak-anak. Di ruangan ini tersedia koleksi anak-anak yang jumlahnya lebih kurang lima ribuan. Kunjungan-kenjugan seperti ini juga sebenarnya sudah kerap dilakukan oleh sekolah lain, terutama TK yang ada di Pekanbaru maun di luar Pekanbaru,” tuturnya.

“Kunjungan satu hari hampir seribu pengunjung yang datang ke perpustakaan. Bahkan kalau hari sabtu-Ahad, pengunjung pernah melebihi ribu orang. Karena di kunjunggi oleh sekolah-sekolah yang ada di luar pekanbaru” Tutupnya. Dari itu perpustakaan jam eksta hari Sabtu dan Minggu. Diharapkan lagi perpustakaan menambah koleksi-koleksi baru untuk meningkatkan kunjungan yang datang ke perpustakaan.

Di perpustakaan bisa mendapatkan informasi lewat membaca. Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis oleh seseorang. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula informasi yang kita dapatkan, walaupun terkadang informasi itu kita dapatkan secara tidak langsung. Banyak orang mengatakan bahwa buku merupakan Gudang Ilmu. Mengapa demikian? Karena buku itu sendiri dapat membuka wawasan yang sangat luas. Tidak hanya informasi yang ada dalam negeri, melainkan informasi tentang dunia, bahkan alam semesta.

Namun sangat disayangkan, pada zaman modern sekarang ini , jarang kita temukan anak yang gemar membaca. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk bermain game, pergi ke warnet untuk bermain social media, nongkrong bersama teman-teman, atau sekedar jalan-jalan yang tidak berguna bersama teman keluar rumah. Tapi, masih ada juga sebagian dari mereka yang menanamkan sikap gemar membaca, salah satu contohnya membaca buku cerita rakyat. Itu tak menjadi masalah. Selagi mereka masih dapat memanfaatkan waktu luang dengan mengisi hal-hal yang bermanfaat, seperti membaca atau belajar.