Gelar Forum Perangkat Daerah, DIPERSIP Riau Lakukan Penyempurnaan RENJA 2023

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Pekanbaru, Selasa 19 April 2022.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Provinsi Riau menggelar kegiatan Forum Perangkat Daerah Penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah tahun 2023 bertempat di Aula Bedah Buku Lantai 3 Perpustakaan Soeman Hs.

Kegiatan ini dihadiri Dipersip kabupaten/kota se-Riau,  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Provinsi Riau, serta Dewan Perpustakaan Riau dan berbagai komunitas literasi di Riau.

Kepala Dipersip Riau, Mimi Yuliani Nazir, dalam sambutannya menyampaikan forum ini diharapkan sebagai ekosistem literasi dan minat baca berbasis inklusi sosial akan lebih baik kedepannya dengan saling berkolaborasi dan bekerjasama.
”Di sini hadir kepala Dispersip se-Riau, Dewan Perpustakaan dan banyak komunitas literasi. Saatnya bergerak bersama menyampaikan aspirasi dan masukan-masukan untuk kemajuan perpustakaan, literasi untuk kesejahteraan masyarakat atau berbasis inklusi sosial ini,” harapnya.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini  lanjut Mimi, antara lain, menyelaraskan program dan kegiatan lintas perangkat daerah, mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan dan menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas tahun 2023.

Ada beberapa rangkaian kegiatan dalam agenda ini selain pemaparan materi ada juga pembagian kelompok yang mana hasil pembahasan dirumuskan dalam berita acara kesepakatan dan ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan, menjadi pemutakhiran rancangan RKPD Provinsi Riau Tahun 2023 dan dibahas pada Musrenbang RKPD Provinsi Riau Tahun 2023.  Tentunya diharapkan untuk kemajuan pengembangan urusan Perpustakaan dan Kearsipan.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini Ketua Dewan Perpustakaan Dr. Junaidi, Kepala Bapedallitbang Riau atau yang mewakili dan Kepala Dipersip Riau Dra. Mimi Yuliani Nazir, Apt., MM.

Adapun komunitas dan pegiat literasi yang hadir antara lain, Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), Forum Lingkar Pena (FLP), PRBF, Forum Literasi Remaja, Komunitas Seni Rumah Sunting, Duta Baca, GPMB, ATPUSI, Salmah Writing dan Publishing dan Komunitas Teratak Literasi, FTBM Riau. (Dv)