Gencar Relaksasi Akreditasi Perpustakaan; DIPERSIP Riau Roadshow Pembinaan Perpustakaan Se Riau

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Pekanbaru, Jumat 24 Juni 2022

Relaksasi akreditasi perpustakaan adalah percepatan akreditasi atau pengakuan terhadap perpustakaan yang diberikan oleh badan yang berwenang dalam hal ini Perpusnas RI setelah dinilai bahwa perpustakaan memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu.

Perpustakaan sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan menanggapi perkembangan zaman ini dengan  berbenah diri sedini mungkin antara lain dengan mendapatkan pengakuan formal seperti relaksasi akreditasi. Bagi sekolah-sekolah hal ini merupakan kesempatan emas untuk menaikkan kredibilitas perpustakaannya di tengah masyarakat.

Terkait kegiatan tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dra. Mimi Yuliani Nazir, Apt., MM melakukan Roadshow Pembinaan Perpustakaan sekolah ke Kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir dari tanggal 22 s/d 24 Juni 2022 sekaligus Pengumpulan Data Perpustakaan se Riau. Turut mendampingi Kepala Bidang Perpustakaan Gusti Ratih Indriati, Kepala Bidang Layanan, informasi dan dokumentasi perpustakaan Roni Indra Putra beserta Pustakawan Ahli DIPERSIP Riau.

Di Kabupaten Indragiri Hulu Tim akreditasi DIPERSIP Riau mengunjungi dan meninjau beberapa sekolah yang akan di akreditasi diantaranya SMKN 1 Pasir Penyu, SMAN 1 Rengat, SMKN 1 Rengat, SMPN 1 Air Molek dan meninjau secara langsung Pengelolaan Perpustakaan Umum Kabupaten Indragiri Hulu.

    

Dihari berikutnya rombongan beranjak meninjau perpustakaan sekolah di Kab. Indragiri Hilir dengan mengumpulkan Kepala Sekolah dan Kepala Perpustakaan bertempat di SMAN 1 Tembilahan dengan menggelar acara Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan Sekolah. Di Kabupaten Inhil rombongan juga mengunjungi sekolah SMKN 1 Tembilahan yang sudah beberapa kali juara 2 di tingkat Provinsi Riau dalam lomba perpustakaan sekolah. di sekolah ini juga digelar penandatanganan MOU antara Dipersip Riau dengan SMKN 1 Tembilahan terkait Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan. Setelah berkeliling meninjau layanan perpustakaan digital baik secara outdor maupun indor semua bisa didownload menggunakan barcode untuk mengetahui informasi rincinya.

“Begitu banyak inovasi yang dilakukan sekolah SMKN 1 Tembilahan ini, bisa dijadikan contoh untuk sekolah -sekolah lain khususnya di Kabupaten Inhil jika ingin perpustakaan sekolahnya terakreditasi A, ungkap Mimi.

          

       

Dalam kesempatan ini Kadispersip Riau melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati Kab. Indragiri Hilir, Mimi beserta rombongan disambut baik oleh Wabup Inhil Bapak H. Syamsuddin Uti.

     

“Perpustakaan adalah sumber ilmu pengetahuan, untuk itu seyogyanya diperhatikan dan dikelola dengan baik agar masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas layanan publik ini dengan nyaman”, seperti yang disampaikan oleh Mimi dalam pertemuannya dengan Wakil Bupati Inhil. Perpustakaan yang baik tentunya yang sesuai SNP (Standar Nasional Perpustakaan) dan terakreditasi. kami mohon Pemkab Inhil memberikan perhatian lebih dalam pengembangan perpustakaan umum, sekolah, perguruan tinggi maupun perpustakaan khusus dengan mengajak para pegiat literasi di daerah tersebut maupun stakeholder terkait bersama-sama berkolaborasi membudayakan gemar membaca dikalangan masyarakat khususnya di Kabupaten Inhil, harap Mimi.

Syamsuddin Uti pun merespon dan mendukung dengan baik pengembangan perpustakaan yang ada di kabupaten Inhil. Kami selalu mensupport setiap kegiatan literasi yang diselenggarakan oleh Dipersip Kab. Inhil , ungkap Syamsudin.