Momen Hari Kearsipan Nasional ke -51, Tanah Hibah Pemprov Riau kepada Arsip Nasional RI Diresmikan

Bagikan ke Media Sosial

Shares

Pekanbaru, Kamis 19 Mei 2022

Rangkaian dihari terakhir Rakornas Kearsipan dan Hari Kearsipan Nasional ke 51 yang diselenggarakan di Provinsi Riau dari tanggal 17 Mei s/d 19 Mei 2022, diakhiri dengan peresmian papan nama Tanah hibah dan gedung kepada Arsip Nasional (ANRI) RI dan City Tur ke Istana Siak Kab. Siak.  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menghibahkan tanah dan gedung kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dengan luas tanah 8125 m2 dan 7 (tujuh) bangunan gedung dengan total luas bangunan 9553 m2. Tanah dan gedung ini berlokasi di jalan Adi Sucipto no 283, Pekanbaru, Riau yang rencananya akan digunakan untuk pembangunan depot arsip, untuk menyimpan arsip inaktif yang memiliki nilai berkelanjutan dan arsip statis milik Lembaga Negara tingkat pusat yang berada di wilayah Provinsi Riau.

Peresmian papan nama tanah hibah oleh Gubernur Riau diwakili oleh Asisten III Setdaprov Riau, Joni Irwan bersama Sekretaris Utama Arsip Nasional RI Rini Agustiani, SH., MAPDalam sambutan Gubernur Riau menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian ANRI mempercayakan kepada Riau sebagai tuan rumah dan juga yang akan mendirikan depo arsip instansi vertikal di Riau, harapan kami dengan hibah tanah ini dapat menambah perbendaharaan untuk memenuhi kebutuhan mengamankan dan melestarikan arsip statis didaerah maupun di Nasional sebagai memori kolektif bangsa dan melestarikan budaya kita.

Acara peresmian ini juga turut dihadiri Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST), Muhamad Ihwan dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dra. Mimi Yuliani Nazir, Apt., MM. Setelah diresmikan rombongan berkeliling meninjau lokasi. (dv)