Tingkatkan Literasi di Rohil, Dipersip Rohil Selenggarakan Pemilihan Duta Baca

Rokan Hilir – Pada 27 September 2023, Kabupaten Rokan Hilir menyaksikan momen bersejarah dengan diadakannya “Pemilihan Duta Baca”. Acara yang berlangsung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Rokan Hilir ini, menandai komitmen kuat pemerintah daerah dalam mengembangkan minat baca di kalangan generasi muda.

Acara ini disambut dengan antusias oleh para hadirin, termasuk Ibu Dra. Mimi Yuliani N, Apt, MM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau. Para pejabat administratif dan profesional turut hadir, memberikan dukungan penuh kepada kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Ibu Dra. Mimi Yuliani N, Apt, MM menyampaikan pentingnya meningkatkan minat baca di kalangan generasi muda. Beliau menekankan bahwa literasi adalah kunci untuk membuka pintu menuju pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas. Acara ini tidak hanya tentang membaca sebagai kegiatan, tetapi juga tentang bagaimana literasi dapat mengubah dan memajukan masyarakat.

“Kegiatan ini tidak hanya sebatas kompetisi membaca, tetapi juga merupakan ajang untuk memotivasi para generasi muda menjadi pembaca yang rajin dan cerdas. Literasi adalah investasi untuk masa depan yang lebih baik,” ujar Ibu Dra. Mimi Yuliani.

Dalam pemilihan ini, para peserta diuji bukan hanya pada kemampuan membaca, tetapi juga pada pemahaman dan interpretasi mereka terhadap berbagai jenis literatur. Para peserta diharapkan tidak hanya menjadi duta baca lokal, tetapi juga menjadi inspirator bagi generasi muda lainnya.

Acara ini juga menjadi sarana untuk memperkenalkan berbagai program literasi yang akan dijalankan di Kabupaten Rokan Hilir. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi digital melalui platform IELIAL (Indeks E-Literasi Indonesia), yang memungkinkan para pembaca untuk mengakses ribuan koleksi buku secara gratis.

Selain menjadi Duta Baca konvensional, para peserta juga diajak untuk menjadi duta literasi digital dengan memanfaatkan teknologi untuk memperluas jangkauan pesan literasi. Mereka dapat menggunakan media sosial, blog, podcast, atau platform online lainnya untuk berbagi ulasan buku, rekomendasi bacaan, dan informasi literasi lainnya kepada khalayak yang lebih luas.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau mengajak semua pihak untuk mendukung program literasi ini. Dengan semangat yang membara, acara pemilihan duta baca ini diharapkan menjadi awal yang gemilang untuk mengangkat standar literasi di Kabupaten Rokan Hilir. Semoga para duta baca terpilih dapat menjadi teladan bagi seluruh masyarakat, mendorong semangat membaca dan menuntut ilmu.

Editor: Delviana