Dipersip Riau Fasilitasi Kegiatan Pembinaan Komunitas Literasi dan FTBM Riau

Kepala Dipersip Riau, Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si Sebelum meberikan pengarahan kepada peserta

Pekanbaru- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Provinsi Riau fasilitasi kegiatan pembinaan Komunitas Literasi dan Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Riau pada Kamis (23/05/2015). Kegiatan yang bertemakan Pengembangan Budaya Literasi Melalui Penguatan Jejaring Komunitas Literasi ini berlangsung di Gedung C Perpustakaan Soeman Hs  Riau Ruang Auditorium Wan Galib dan dihadiri oleh 100 pegiat literasi dari berbagai daerah di Riau. Kegiatan ini berlangsung atas kerjasama Balai Bahasa Provinsi Riau dan FTBM Riau yang difasilitasi oleh Dipersip Riau. Acara  dibuka oleh Kepala Balai Bahasa Riau-Drs. Umar Solikhan, M. Hum.

Peserta yang terdiri dari berbagai pegiat Literasi di Riau terlihat antusias mendengar materi yang disampaikan

Turut hadir  Kepala Dipersip Riau- Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si dalam acara ini. Perempuan yang pernah menjabat sebagai salah satu camat ini memberikan motivasi kepada seluruh pegiat literasi di Riau yang hadir saat itu. Rahima menyambut baik kegiatan seperti ini, dia sangat senang atas kerjasama yang dilakukan ini. Rahima juga menceritakan bahwa saat dia menjadi camat, taman bacaan di daerahnya belum banyak, dan sekarang sudah lumayan berkembang. Dia ingin Taman Bacaan Masyarakat  mampu  bertransformasi  menjadi pusat informasi dan pusat belajar yang dapat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. “TBM harus bertransformasi  menuju literasi untuk kesejahteraan masyarakat  dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, ditangan kalian yang ada di sinilah itu bisa tercapai”, ujar Rahima Erna.

Poto bersama seluruh peserta jelang penutupan dan buka bersama

Ada tiga pemateri dalam kegiatan ini. Pemateri pertama diberikan kepada Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau- Umar Solikhan. Umar menjelaskan pentingnya pengetahuan literasi yang baik kepada masyarakat. Pemateri kedua adalah H. Adimir A Baluka selaku sekretaris FTBM Riau Periode 2019-2024. Adimir memberikan penjelasan bahwa FTBM harus memiliki jiwa sosial yang tinggi dan lebih banyak memberikan semangat untuk terus berkarya. Pemateri ketiga adalah Dody Prayetno, S.IP-Pustakawan Muda dari Dipersip Riau. Dody menjelaskan bahwa taman bacaan yang dikelola harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat, Bagaimana cara tatakelola taman bacaan yang baik dan benar menurut aturan. “Taman Bacaan Harus mampu memahami kebutuhan masyarakat dan mampu mefasilitasi kegiatan-kegiatan masyarakat. Koleksi yang tersedia juga harus sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan masyarakat yang dapat difasilitasi oleh Taman Bacaan tersebut.” Ujar Dody

Acara ini berlansung dari pukul 14.00 Wib hingga menjelang magrib. Setelah penutupan acara dilanjutkan dengan sholat magrib dan buka bersama.